[Penelitian ini berawal dari dari permasalahan yang timbul dari adanya penurunan
profitabilitas PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. secara signifikan di tahun 2013
mencapai 89,89%. Disaat yang bersamaan, pendapatan perusahaan justru
mengalami peningkatan sebesar 7%. Penelitian akan ditujukan untuk menganalisis
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan signifikan profitabilitas
perusahaan, mengingat profitabilitas sangat erat kaitannya dengan
keberlangsungan bisnis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab utama
penurunan profitabilitas adalah karena adanya peningkatan beban operasional
mencapai 10,75%, yang secara nominal jauh melebihi pendapatannya.
Peningkatan ini terutama berasal dari beban bahan bakar (fuel costs) yang
mengambil proporsi sekitar 40% dari total biaya, dan beban operasional
penerbangan dengan proporsi 25% dari total biaya. Adanya kenaikan beban bahan
bahan bakar terutama disebabkan oleh peningkatan blockhours yang signifikan
sebesar 23,8% karena di tahun 2013 harga avtur cenderung turun. Kenaikan
presentase pendapatan yang tidak sebanding dengan biaya operasional, terutama
disebabkan oleh pembentukan harga yang tidak mencerminkan biaya akibat
kurang efektifnya pengalokasian biaya ke dalam biaya per unit. Atas kurang
efektifnya sistem alokasi biaya, maka direkomendasikan pengaplikasian
pendekatan target costing yang didasarkan pada metode Time-Driven Activity-
Based Costing (TDABC). Melalui pendekatan ini, didapatkan hasil bahwa
pengalokasian biaya per unit lebih mencerminkan komposisi biaya yang
sebenarnya., This study originated from the problems arising from significant decrease of PT
Garuda Indonesia (Persero) Tbk profitability in 2013 reached 89.89%. At the
same time, the company's revenues have increased by 7%. The research will be
devoted to analyze the factors that cause a significant decrease in the profitability
of the company, since profitability is closely associated with going concern of the
business. The analysis showed that the main cause of the decline in profitability
was due to an increase in operating expenses reached 10.75%, which nominaly far
exceeds the income. This increase is mainly derived from the fuel costs which
took the proportion of about 40% of the total cost, and the cost of operating
expenses with the proportion of 25% of the total cost. An increase in the burden of
fuels mainly due to a significant increase in blockhours 23.8% and jet fuel prices
tend to fall in 2013 until 2014. The increase in the percentage of income that is not
comparable to the operating costs, mainly due to the formation of prices that do
not reflect the actual costs due to lack of effective allocation of costs to the cost
per unit. Over the lack of effective cost allocation system, it is recommended to
use the application of target costing approach based of Time-Driven Activity-
Based Costing (TDABC) method. Through this approach, it is showed that th]