UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ornamen pada Nisan Basa Ampek Balai Kerajaan Pagaruyung Islam tinjauan simbol dan makna = Ornament on Basa Ampek Balai Gravestone Islamic Pagaruyung palace symbol and meaning observation

Harry Iskandar Wijaya; Nasution, Isman Pratama, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai ornamen berupa motif-motif yang terdapat pada nisan di situs makam Basa Ampek Balai yang merupakan menteri dalam struktur Kerajaan Pagaruyung. Motif-motif di Minangkabau keseluruhannya mengandung arti, tak terkecuali yang terdapat pada motif-motif batu nisan di situs Basa Ampek Balai. Motif termasuk penanda pada batu nisan yang erat hubungannya dengan orang yang dimakamkan, oleh sebab makna pada motif dapat membantu membuktikan hubungan hubungannya dengan orang yang dimakamkan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah makna dan simbol yang terkandung dalam motif nisan-nisan tersebut dan seperti apakah hubungan makna tersebut dengan orang yang dimakamkan. Apakah motif tersebut dapat mencerminkan peran seseorang yang dikuburkan tersebut sebelum meninggal.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif-motif yang terdapat pada nisan situs Basa Ampek Balai memiliki perbedaan motif dominan yang disebabkan oleh kesepakatan masyarakat daerah tempat Basa Ampek Balai dimakamkan masing-masing. Oleh sebab itu Keberadaan motif menunjukkan adanya peran sosial Basa Ampek Balai di masyarakat dan ada juga yang terkait dengan Kerajaan Pagaruyung. Motif yang ditemukan berupa motif keris, motif flora (sulur-suluran, bunga, daun dan akar) dan motif geometris berbentuk saik galamai.

Gravestone is a part of grave that has function as a symbol of the corpse on that grave. This research will discuss about ornament, such as: some motif that is found in a gravestone at site of Basa Ampek Balai grave who is known as a minister in the structure of Pagaruyung Palace. All motifs in Minangkabau have a meaning, which is includes motifs in a gravestone of Basa Ampek Balai site. Motif is a symbol of a gravestone which has relation with the corpse because the meaning in a motif can proof the relation to the corpse.
This research is to proof what is the meaning and symbol in the motif of gravestones and what is the relationship to the corpse. Then, can the motifs reflect the corpse position before he passed away.
This researcher get a conclusion that motifs on the grave of Basa Ampek Balai site have different dominant motif which is caused of society agreement at each place of Basa Ampek Balai graves. Because of that, the existance of motif indicates a social character of Basa Ampek Balai in the society and it also has correlation with Pagaruyung Palace. Some motifs which is found are kris motif, flora motif (spiraling upward of plant, flower, leaf and root) and geometry motif looks like saik galamai.

 File Digital: 1

Shelf
 S58085-Harry Iskandar Wijaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S58085
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 84 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58085 14-20-088368414 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20403100
Cover