ABSTRAKPenelitian ini membahas strategi alternatif berupa pentargetan program-program
bantuan pendidikan yang telah dijalankan oleh pemerintah diantaranya Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BKM). Dilakukan
analisis klaster untuk memetakan 497 kabupaten/kota di Indonesia berdasarkan
ciri-ciri atau karakteristik pendidikan dasarnya. Pembentukan klaster
menggunakan k-means clustering pada 8 variabel yaitu APS SD, APS SMP,
Angka Melek Huruf, Lama Sekolah rata-rata, Jumlah Sarana SD, Jumlah Sarana
SMP, Jumlah Guru SD dan Jumlah Guru SMP. Hasilnya terbentuk 5 klaster
dengan kesamaan karakteristik, yang kemudian disusun strategi bantuan
pendidikan yang sesuai untuk masing-masing klaster. Perhitungan Data Indeks
Pendidikan juga dilakukan sebagai validasi hasil klaster. Hasil Indeks Pendidikan
sejalan dengan asumsi hasil klaster yaitu mengarah pada klaster-4 sebagai klaster
terbaik, dilanjutkan oleh klaster-3, klaster-1, klaster-2 dan terakhir klaster-5.
ABSTRACTThis study focus on formulating alternative strategy to optimize the targeting of
educational aid such as School Operational Aid (BOS) and Poor Student Aid
(BSM). Cluster analysis is conducted to map all regencies in Indonesia based on
its basic education characteristics. Clustering is done by k-means clustering using
8 variables, which is elementary and junior high school enrollment rate,
illiteracy, average years of schooling, number of building facility and number of
teachers. The results are formed 5 clusters with the same characteristics, which is
then used to set a strategy and priority for educational aid in each cluster.
Education Indexing is also done to validate the cluster results. The Education
Index results are consistent with cluster results, with cluster-4 as the best, then
followed by cluster-3, cluster-1, cluster-2 and cluster-5.