UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perlindungan hak calon notaris yang magang di kantor notaris untuk dapat dipersiapkan menjadi notaris yang profesional = The Right protection of apprentice notary in being prepared as a professional notary

Fira Marizka; Siti Hajati Hoesin, supervisor; Widodo Suryandono, examiner; Siti Hajati Hoesin, examiner; Latumeten, Pieter A., examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Tesis ini membahas mengenai program magang yang harus ditempuh oleh calon Notaris sebagai salah satu syarat untuk dapat diangkat menjadi Notaris. Permasalahan yang dibahas adalah mengenai program magang calon Notaris berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Jabatan Notaris, hak dan kewajiban calon Notaris yang magang dan Notaris yang menerima magang, serta perlindungan hak calon Notaris yang magang untuk dapat dipersiapkan menjadi Notaris yang profesional. Penelitian ini adalah penelitian normatif dengan desain preskriptif.
Hasil penelitian menemukan bahwa program magang calon Notaris tidak sepenuhnya mengikuti ketentuan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan, dan dalam pelaksanaannya juga beragam di antara Notaris satu dengan lainnya dikarenakan belum terdapat ketentuan yang khusus mengatur pelaksanaan magang sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Jabatan Notaris. Hasil penelitian menyarankan bahwa dibutuhkan adanya pengaturan yang jelas mengenai penempatan dan program magang calon Notaris serta hal-hal yang terkait pelaksanaan magang calon Notaris, dalam rangka melindungi hak-hak calon Notaris untuk dapat dipersiapkan menjadi Notaris yang profesional.

The focus of this study is about the apprenticeship program that should be followed by candidate of notary as one of pre-requirements to be a notary. The matters of this study are about apprenticeship program of notary candidate based on Labor Act and Notary Act, about rights and duties of notary and notary candidate in apprenticeship program, and about the right protection of apprentice notary in being prepared as a professional notary. This research is normative prescriptive interpretive.
The researcher found that the apprenticeship programs of notary candidate do not fully follow the regulations in The Labor Act, and there are many different varieties in apprenticeship program of notary candidate, since there is no rule that regulates the implementation of apprenticeship program of notary candidate. The researcher suggests that the specific rules about the placement, the program, and all about implementation of apprenticeship program for candidate of notary is very needed, in order to protect the right of apprentice notary ini being prepared as a professional notary.

 File Digital: 1

Shelf
 T42647-Fira Marizka.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T42647
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 77 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T42647 15-18-234678585 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20403743
Cover