[
ABSTRAKPada penelitian ini dilakukan pemodelan kondisi lalu lintas kendaraan untuk ruas
jalan tunggal dan jaringan jalan secara makroskopik berdasarkan diagram
fundamental triangular equilibrium sebagai pengukur kinerja. Hybrid Petri net
(HPN) digunakan sebagai perangkat pemodelan dengan simulasi berbasis model
sistem kejadian diskret.
Integrasi diagram fundamental triangular equilibrium ke dalam model HPN
dilakukan dengan mengelompokkan pemodelan kondisi infrastruktur ruas jalan
dengan parameter struktur dinamis jaringan Petri net dan pemodelan untuk
simulasi jumlah kendaraan pada titik keluar ruas jalan yang ditentukan oleh
parameter Petri net untuk kecepatan firing internal λ. Analisa struktural jaringan
Petri net membuktikan, bahwa pada model baru setiap token terikat aturan
keseimbangan token dan setiap transition bersifat hidup. Diagram fundamental
triangular adalah bersifat non linear dan dimodelkan pada HPN dengan
sinkronisasi transition menggunakan minimum operator.
Analisa kondisi lalu lintas kendaraan untuk ruas jalan tunggal ditunjukkan oleh
evolusi aliran arus dan evolusi token saat telah mencapai kondisi lalu lintas steady
state. Diagram fundamental triangular equilibrium diperoleh dari kumpulan
berbagai kondisi lalu lintas steady state pada ruas jalan tertentu. Evaluasi kinerja
model baru untuk jaringan jalan diperoleh dengan membandingkan jumlah
kendaraan setelah mencapai kondisi steady state terhadap kondisi riil.
Penelitian disertasi ini menghasilkan dua kontribusi utama, yaitu pemodelan baru
diagram fundamental triangular dengan timed hybrid Petri nets dengan infinite
server semantics firing untuk diterapkan pada ruas jalan tunggal dan untuk
jaringan jalan.
Pemodelan diagram fundamental triangular baru untuk ruas jalan tunggal terbukti
lebih baik dengan dapat menunjukkan kondisi lalu lintas untuk arus bebas, arus
stabil dan arus tertahan. Hasil pemodelan diagram fundamental triangular baru
untuk jaringan-jalan dengan hybrid Petri nets terbukti memiliki waktu komputasi
relatif untuk simulasi yang 155 kali lebih cepat dibandingkan model dengan
FOHPN dengan nilai kesalahan relatif secara signifikan lebih kecil, yaitu
0,0086%.
Kata Kunci : diagram f;
ABSTRACTThis dissertation focuses on hybrid Petri net HPN modeling for macroscopic vehicle traffic flow on single road links and road networks based on equilibrium triangular fundamental diagram DFTe The integration of DFTe into the HPN models is performed by 1 modeling road link infrastructures using dynamic structure of HPN 2 determining the steady state number of vehicles at the road link output using internal firing speed Vehicle traffic condition for a single road link is shown by vehicle traffic flow evolution and token evolution at steady state The DFTe is obtained by computing various steady state vehicle traffic condition on a single road link Non linearity modeling of DFTe is performed by sinchronization of a HPN transitions using minimum operator This dissertation research has two main contributions i e enhanced DFTe modeling using timed HPN under infinite server semantics for single road links and road networks The enhanced DFTe modeling for single road links has been proven to perform better in the free flow saturated and synchronized state of vehicle traffic The enhanced DFTe modeling for road networks showed that the relative computing time of simulation to be 155 times faster than FOHPN model with a significantly smaller relative error i e 0 0086 , This dissertation focuses on hybrid Petri net HPN modeling for macroscopic vehicle traffic flow on single road links and road networks based on equilibrium triangular fundamental diagram DFTe The integration of DFTe into the HPN models is performed by 1 modeling road link infrastructures using dynamic structure of HPN 2 determining the steady state number of vehicles at the road link output using internal firing speed Vehicle traffic condition for a single road link is shown by vehicle traffic flow evolution and token evolution at steady state The DFTe is obtained by computing various steady state vehicle traffic condition on a single road link Non linearity modeling of DFTe is performed by sinchronization of a HPN transitions using minimum operator This dissertation research has two main contributions i e enhanced DFTe modeling using timed HPN under infinite server semantics for single road links and road networks The enhanced DFTe modeling for single road links has been proven to perform better in the free flow saturated and synchronized state of vehicle traffic The enhanced DFTe modeling for road networks showed that the relative computing time of simulation to be 155 times faster than FOHPN model with a significantly smaller relative error i e 0 0086 ]