Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Penerapan mekatronika dalam pengaturan pintu dan alat lainnya pada rumah modern

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Rumah-rumah zaman sekarang ini mempunyai banyak sekali peralatan yang harus diatur menggunakan beberapa tenaga kerja yang cukup banyak, ditambah dengan bentuk dan penempatan peralatan tersebut yang semakin lama semakin sulit dijangkau. Faktor keamanan juga menjadi pertimbangan utama, dan keinginan pemilik rumah untuk tidak bergantung dari kehadiran satpam atau tenaga kerja yang kadang-kadang tidak ada di tempat.
Atas dasar inilah penulis membuat alat yang dapat membantu pemilik rumah untuk melakukan beberapa pekerjaan secara otomatis. Kemampuan alat ini adalah otomatisasi dalam membuka dan meutup pintu gerbanng hanya dengan memasukkan kartu khusus. Membuka dan menutup pintu garasi hanya dengan cara memasukkan kode (password) pada keypad. Membuka dan menutup tirai jendela, serta menyalakan dan mematikan lampu berdasarkan sendor cahaya.
Alat ini menggunakan 3 buah motor DC. Digunakan untuk membuka dan menutup pintu gerbang sebanyak 1 buah, untuk membuka dan menutup pintu garasi sebanyak 1 buah, dan 1 buah untuk buka tutup tirai. Alat ini memakai 2 buah sensor yang digunakan untuk pendeteksi cahaya yaitu LDR. Sensor micro Switch digunakan sebagai saklar. Output dari sensor dan keypad dimasukkan ke IC Schmitt Trigger MCI 4050B yang berfungsi untuk mempertegas output dari sensor tersebut agar dapat diterima oleh Mikrokontroller AT89C51 yang berfungsi sebagai pengontrol utama keseluruhan sistem.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : KWK 17:1 (2009)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 08547572
Majalah/Jurnal : Kartika Wijaya Kusuma: Majalah Ilmiah 17 (1) Mei 2009. Hal. : 15-24
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
KWK 17:1 (2009) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20407014
Cover