Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh efikasi diri terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa PGSD UMJ

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Profesi keguruan (pendidik) merupakan profesi yang banyak diminati oleh sebagian masyarakat kita di tengah tuntutan terhadap peningkatan kesejahteraan guru (pendidik). Hal itu juga berimplikasi terhadap efikasi diri mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk memilih profesi keguruan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh efikasi diri mahasiswa terhadap motivasi mahasiswa dalam memilih profesi keguruan pada mahasiswa PGSD semester akhir FIP-UMJ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan pendekatan regresi-korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PGSD semester akhir FIP UMJ dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri mahasiswa terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru dengan nilai korelasi 0,525 dan determinasi 27,5% yang artinya kontribusi efikasi diri terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru dapat dijelaskan sebesar 27,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : TEKNODIK 19:1 (2015)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 20883978
Majalah/Jurnal : Jurnal Teknodik : jurnal pendidikan 19 (1) April 2015. Hal. : 57-68
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TEKNODIK 19:1 (2015) TERSEDIA
TEKNODIK 19:1 (2015) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20407342
Cover