Tulisan ini merupakan hasil penelitian dengan tujuan untuk mengetahui transformasi perpustakaan dan pendekatan kreatif yang harus dilakukan agar dapat meningkatkan layanan. Dengan menerapkan konsep bisnis dan menggunakan layanan Cornell University sebagai studi kasus, penelitian ini mengamati perubahan yang terjadi pada kebutuhan pemustaka dan kemampuan perpustakaan untuk melakukan inovasi dan menjawab kebutuhan pemustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa agar dapat tetap memberikan layanan yang relevan bagi pemustakanya, perpustakaan perguruan tinggi seharusnya menerapkan prinsip bisnis yaitu memenuhi tuntutan pasar. Kemampuan staf serta layanan perpustakaan harus berubah, daro penitikberatan pada koleksi menjadi fokus akan kebutuhan pemustaka. Transformasi peran perpustakaan dalam menunjang pengajran dan penelitian perpustakaan seiring dengan perkembangan digital menuntut adanya peningkatan kekuatan perpustakaan perguruan tinggi, seperti ruang , koleksi dan inovasi layanan yang responsive dan menyenangkan.