Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Makna perpustakaan sekolah : studi makna perpustakaan sekolah bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Perpustakaan sekolah yang hadir di berbagai semua tingkatan sekolah merupakan salah satu fasilitas untuk proses belajar mengajar yang berguna untuk memenuhi kebutuhan informasi khususnya informasi pustaka, selain juga informasi yang berasal dari pengajarnya. Artikel ini ditulis dari permasalahan bahwa perpustakaan sekolah khususnya sekolah dasar di Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman masih banyak kekurangan dari segi sarana, koleksi, pengadaan hingga pengelolaannya. Kondisi ini secara tidak langsung akan memepengaruhi pemanfaatan perpustakaan oleh guru di sekolah dasar dalam menunjang proses belajar mengajar kepada siswa.
Pendekatan analisis kajian ini berpedoman pada teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan T. Luckman dimana kita dapat mengkonsepsi sebuah makna selalu berpijak pada kenyataan obyektif yang ada, kenyataan simbolik dan juga kenyataan subjektif. Kondisi ini dapat melahirkan pemahaman terkait apa yang telah dan akan dilakukan para guru di sekolah dasar dalam kenyataan simbolik pada perpustakaan yang ada di sekolahnya. Dalam kajian ini ditemukan guru dengan dua tipologi yakni professionally staff member dan deserter.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : BIPI 10:2 (2014)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 16937740
Majalah/Jurnal : Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 10 (2) Juni 2014. Hal. : 40-50
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
BIPI 10:2 (2014) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20408813
Cover