Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan matematika siswa SMP melalui strategi react

Anna Fauziah (Jurnal Forum Kependidikan, 2010)

 Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi REACT. Desain penelitian ini adalah randomized pretest-postest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII dari satu sekolah negeri di Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman dan tes pemecahan masalah matematika, skala sikap dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pebelajaran biasa; (2) terdapat keterkaitan yang signifikan antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah di kelas eksperimen, (3) siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran melalui strategi REACT.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : FKP 30:1 (2010)
Main entry-Personal name :
Subject :
Publishing : [Place of publication not identified]: Jurnal Forum Kependidikan, 2010
Cataloguing Source :
ISSN : 02159392
Magazine/Journal : Jurnal Forum Kependidikan
Volume : Vol. 30 (1), 2010: Hal. 1-13
Content Type :
Media Type :
Carrier Type :
Electronic Access :
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
FKP 30:1 (2010) 08-22-09142438 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20409165
Cover