Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan matematika siswa SMP melalui strategi react

Anna Fauziah (Jurnal Forum Kependidikan, 2010)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi REACT. Desain penelitian ini adalah randomized pretest-postest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII dari satu sekolah negeri di Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman dan tes pemecahan masalah matematika, skala sikap dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pebelajaran biasa; (2) terdapat keterkaitan yang signifikan antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah di kelas eksperimen, (3) siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran melalui strategi REACT.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : FKP 30:1 (2010)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Jurnal Forum Kependidikan, 2010
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 02159392
Majalah/Jurnal : Jurnal Forum Kependidikan
Volume : Vol. 30 (1), 2010: Hal. 1-13
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
FKP 30:1 (2010) 08-22-09142438 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20409165
Cover