Sangat penting bagi mahasiswa terapi musik untuk memiliki karakter yang efektif dalam menjalankan sesi dengan kliennya maupun dalam perkuliahan. Dalam penelitian ini dilihat pengaruh penanganan terapi musik dalam mengubah perilaku mahasiswa calon terapis musik menjadi lebih efektif. Tes kepribadian EPPS (Edwards Preference Personal Schedule) diberikan kepada 9 mahasiswa peminatan terapi musik. Dari tes tersebut terpilih 2 mahasiswa untuk menerima penanganan terai musik. Selanjutnya digunakan lembar observasi perilaku untuk mengukur perubahan perilaku dalam kelas prakter terapi musik. Selanjutnya digunakan lembar observasi perilaku untuk mengukur perubahan perilaku dalam kelas praktek terapi musik. Hasil penelitian membuktikan peningkatan rata-rata nilai subjek. Penanganan terapi yang diberikan membantu mahasiswa secara kognitif lebih menyadari potensi diri dan cara penyelesaian masalahnya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah jangka waktu penanganan terapi musik dan jumlah subjek penelitian yang mendapatkan penanganan terapi musik guna membuktikan lebih dalam lagi efek terapi musik terhadap perubahan perilaku mahasiswa calon terapi musik.