Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh penerapan Interactive Lecture Demonstration (ILD) berorientasi conceptual change terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa SMP pada materi hukum newton

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena pentingnya pemahaman konsep bagi siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi conceptual change (CC) dibandingkan dengan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi common sense (CS) pada materi hukum Newton. Penelitian ini berupa penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design yang dilakukan pada kelas IX di sebuah SMP Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hasil uji statistik menunjukan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi CC ( 0.42) pada materi Hukum Newton lebih signifikan dibandingkan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi CS ( 0.32) pada materi Hukum Newton dengan kategori sedang pada taraf signifikansi.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : JURPEND 15:1 (2015)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 1412565X
Majalah/Jurnal : Jurnal penelitian pendidikan 15 (1) April 2015. Hal. : 61-68
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
JURPEND 15:1 (2015) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20409347
Cover