Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Implementasi strategi pembelajaran berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pada pembelajaran IPA yang cenderung “content transmission” dan “teacher centered”. Pembelajaran demikian mengakibatkan proses penalaran siswa menjadi terbatas. Hal itu mendorong dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Seanjutnya disusun rancangan penelitian strategi pembelajaran berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh kemampuan berpikir kritis kelompok eskperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol setelah pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E sangat signifikan dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dibandingkan dengan pembelajaran konvesional.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : JURPEND 14:2 (2014)
Subject :
Cataloguing Source :
ISSN : 1412565X
Magazine/Journal : Jurnal Penelitian Pendidikan, 14 (2) 2014 : p. 43-52
Volume :
Content Type :
Media Type :
Carrier Type :
Electronic Access :
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
JURPEND 14:2 (2014) TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20409634
Cover