UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa hambatan total pada kapal Katamaran dengan konfigurasi jarak antar lambung secara membujur (R/L) = Analisa hambatan total pada kapal Katamaran dengan konfigurasi jarak antar lambung secara membujur (R/L)

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

[Penggunaan kapal katamaran atau multihull sebagai moda transportasi baik
sungai maupun laut telah berkembang secara pesat belakangan ini. Drewry
Shipping Consultant (1997) menyatakan bahwa angkutan penumpang atau high
speed ferry merupakan salah satu aplikasi kapal katamaran yang paling sering
digunakan. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
perancangan kapal katamaran, diantaranya keakurasian dalam mengestimasi
hambatan. Hambatan merupakan faktor penting saat perancangan suatu kapal
karena berhubungan dengan perhitungan daya mesin induk kapal, biaya
operasional kapal dan konsumsi bahan bakar. Dalam tugas akhir ini akan
dijelaskan mengenai penurunan nilai hambatan yang diakibatkan oleh konfigurasi
membujur (R/L) pada demihull kapal katamaran. Metode eksperimen (towing
tank) dan numerik (HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian
dengan variasi kecepatan pada angka Froude 0.1 -1.0. Dari hasil kedua metode
menunjukkan bahwa metode eksperimen menghasilkan nilai lebih besar
khususnya pada Fn < 0.5. Sedangkan analisa konfigurasi lambung secara
membujur (staggered) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan
hambatan. Semakin besar nilai R/L, maka semakin kecil nilai hambatan yang
dihasilkan. Penurunan nilai hambatan di setiap kenaikan nilai R/L (R/L 0.0 ; 0.2 ;
0.3) adalah 5.5% untuk S/L 0.2 ; 6.65% untuk S/L 0.3 dan 5.6 % untuk S/L 0.4., The use of catamaran or multihull boats as sea transport has been growing rapidly
lately. Drewry Shipping Consultants (1997) stated that the transportation of
passengers or high speed ferry boat is one of the applications most frequently used
catamarans. However, there are some things that should to consider in the design
of catamaran vessels, including the accuracy in resistance estimation. Resistance
is an important factor when designing a ship because it deals with the calculation
of main engine power of vessels, vessel operating costs and fuel consumption. In
this thesis would explain the decrease in resistance value caused by the
longitudinal configuration (R / L) on demihull catamaran vessel. Experimental
method (towing tank) and numerical (HullSpeed-MaxsurfPro 11:12) conducted
the study with the velocity variations in the Froude number 0.1 -1.0. From the
results of both methods showed that the experimental method produces greater
value partially Fn < 0.5. While the analysis of a longitudinal hull configuration
(staggered) have a significant influence on reducing the resistance. The greater the
value of R / L, the smaller the resulting resistance values. Decline in the value of
resistance in any increase in the value of R / L (R / L 0.0: 0.2: 0.3) is 5.5% for the
S / L 0.2 ; 6.65% for the S / L 0.3 and 5.595% for the S / L 0.4.]

 File Digital: 1

Shelf
 S58415-Edwin Dwi Novianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S58415
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 69 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58415 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20410113
Cover