Penelitian ini berpijak pada permasalahan yang sering terjadi dalam bidang seni rupa khususnya ilustrasi dan sastra khususnya drama. Ilustrasi dan drama memiliki keterkaitan yang erat. Drama merupakan kesenian yang kompleks karena di dalamnya banyak melibatkan cabang seni yang lain. Ilustrasi sangat dibutuhkan perannya dalam memvisualisasikan naskah drama yang akan dipertunjukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah rancangan model pembelajaran ilustrasi berbasis pertunjukan drama? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didasarkan pada paradigma kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu dengan memaparkan secara kualitatif analisis melaui tahapan dengan menggunakan model 4-D dan tipe STAD. Naskah drama dijadikan alat pembelajaran dalam pengerjaan tugas dan pendekatan kooperatif. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan menghasilkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran ilustrasi. Khususnya pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa