Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Model pembelajaran ilustrasi berbasis pertunjukan drama

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Penelitian ini berpijak pada permasalahan yang sering terjadi dalam bidang seni rupa khususnya ilustrasi dan sastra khususnya drama. Ilustrasi dan drama memiliki keterkaitan yang erat. Drama merupakan kesenian yang kompleks karena di dalamnya banyak melibatkan cabang seni yang lain. Ilustrasi sangat dibutuhkan perannya dalam memvisualisasikan naskah drama yang akan dipertunjukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah rancangan model pembelajaran ilustrasi berbasis pertunjukan drama? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didasarkan pada paradigma kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu dengan memaparkan secara kualitatif analisis melaui tahapan dengan menggunakan model 4-D dan tipe STAD. Naskah drama dijadikan alat pembelajaran dalam pengerjaan tugas dan pendekatan kooperatif. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan menghasilkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran ilustrasi. Khususnya pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : JURPEND 15:2 (2015)
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 1412565X
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (2) 2015 : Hal. 67-79
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
JURPEND 15:2 (2015) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20410326
Cover