ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh change
leadership terhadap komitmen karyawan untuk berubah. Penelitian ini dilakukan
pada dua perusahaan jasa konstruksi di Jakarta dengan jumlah sampel total
sebanyak 108 yang merupakan karyawan pada dua perusahaan tersebut. Alat ukur
yang digunakan adalah kuesioner change leadership yang digunakan dalam
penelitian Herold, Fedor, Caldwell dan Yi (2008) untuk mengukur kepemimpinan
perubahan dan kuesioner komitmen untuk berubah yang digunakan dalam
penelitian Hersovitch dan Meyer (2002) yang digunakan untuk mengukur
komitmen karyawan untuk berubah.
Hasil yang berbeda disimpulkan dari olah data, yaitu bahwa change
leadership secara signifikan berpengaruh terhadap komitmen karyawan untuk
berubah pada perusahaan HIJ dan tidak berpengaruh secara signifikan pada
perusahaan XYZ. Perbedaan ini menyebabkan disarankannya penelitian lebih
lanjut mengenai pengaruh faktor lain selain change leadership terhadap komitmen
karyawan untuk berubah, misalnya satisfaction of need, serta pemilihan sampel
perusahaan yang mempunyai karakteristik dan waktu dimulainya perubahan yang
sama.
ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of change leadership
on employees’ commitment to change. This research was conducted in two
construction companies in Jakarta with a total sample size of 108, which were the
employees at the two companies. Measuring instruments used were a
questionnaire of Change Leadership that were used in the Herold, Fedor, Caldwell
and Yi’s research (2008) and a questionnaire of commitment to change that were
used in the Hersovitch and Meyer’s research (2002).
A different result inferred from the data though, was that the change
leadership significantly affects employee commitment to change on company HIJ
and no significant effect on company XYZ. This difference suggested a further
research on the influence of factors other than the change leadership on
employees' commitment to change, for example satisfaction of need and the
selection of samples to involve companies, which have the same characteristics
and same start time of changes.;
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh change
leadership terhadap komitmen karyawan untuk berubah. Penelitian ini dilakukan
pada dua perusahaan jasa konstruksi di Jakarta dengan jumlah sampel total
sebanyak 108 yang merupakan karyawan pada dua perusahaan tersebut. Alat ukur
yang digunakan adalah kuesioner change leadership yang digunakan dalam
penelitian Herold, Fedor, Caldwell dan Yi (2008) untuk mengukur kepemimpinan
perubahan dan kuesioner komitmen untuk berubah yang digunakan dalam
penelitian Hersovitch dan Meyer (2002) yang digunakan untuk mengukur
komitmen karyawan untuk berubah.
Hasil yang berbeda disimpulkan dari olah data, yaitu bahwa change
leadership secara signifikan berpengaruh terhadap komitmen karyawan untuk
berubah pada perusahaan HIJ dan tidak berpengaruh secara signifikan pada
perusahaan XYZ. Perbedaan ini menyebabkan disarankannya penelitian lebih
lanjut mengenai pengaruh faktor lain selain change leadership terhadap komitmen
karyawan untuk berubah, misalnya satisfaction of need, serta pemilihan sampel
perusahaan yang mempunyai karakteristik dan waktu dimulainya perubahan yang
sama.
ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of change leadership
on employees’ commitment to change. This research was conducted in two
construction companies in Jakarta with a total sample size of 108, which were the
employees at the two companies. Measuring instruments used were a
questionnaire of Change Leadership that were used in the Herold, Fedor, Caldwell
and Yi’s research (2008) and a questionnaire of commitment to change that were
used in the Hersovitch and Meyer’s research (2002).
A different result inferred from the data though, was that the change
leadership significantly affects employee commitment to change on company HIJ
and no significant effect on company XYZ. This difference suggested a further
research on the influence of factors other than the change leadership on
employees' commitment to change, for example satisfaction of need and the
selection of samples to involve companies, which have the same characteristics
and same start time of changes.