Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Analisis pemanfaatan media sosial twitter sebagai sarana berkomunikasipermustaka dengan pustakawan: studi kasus Perpustakaan Universitas Indonesia

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Komunikasi yang effektif adalah kunci keberhasilan layanan unggulan. Pemanfaatan media sosial saat ini sangat membantu pustakawan memberikan layanan kepada pemustaka. Akun twitter Perpustakaan UI (@UI_library) dibentuk sebagai respon kepada kebutuhan digital native. Akun ini cukup aktif sebagai media komunikasi pustakawan dengan pemustaka. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis informasi apa saja yang paling sering diajukan di akun @UI_library selama tahun 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis informasi yang paling sering diajukan di twiter selama tahun 2014 adalah: layanan sirkulasi, fasilitas dan terkait dengan pengadaan koleksi, layanan sirkulasi, layanan rujukan, layanan fasilitas dan TI, layanan UI-ana, dan pengembangan koleksi. Pustakawan UI perlu mengembangkan strategi pengelolaan akun @ UI_library sebagai media komunikasi dengan pemustaka. Pustakawandapat merencanakan kuliah twitter (kultwit) tentang topik-topik tertentu secara rutin sehingga pemustaka tetap mendapatkan informasi terbaru. Hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan terkait penenggungjawab layananonline.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : LIBRARIA 4:1 (2015)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 20887310
Majalah/Jurnal : Libraria: jurnal ilmu perpustakaan dan informasi 4(1) 2015. Hal. : 1-24
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LIBRARIA 4:1 (2015) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20410922
Cover