UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis big data untuk pemetaan publikasi penelitian Indonesia pada database Scopus = Big data analysis for Indonesia's research mapping on Scopus database

Anitasari Titiani Widari; Isti Surjandari Prajitno, supervisor; Arian Dhini, examiner; Sri Bintang Pamungkas, 1945-; Yadrifil, examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) suatu bangsa berperan penting dalam meningkatkan daya saing internasional bangsa tersebut. Salah satu indikator kemajuan IPTEK suatu bangsa adalah jumlah penelitian yang terpublikasi di database internasional. Jumlah penelitian yang terpublikasi internasional di Indonesia masih tertinggal dari negara-negara ASEAN lainnya. Untuk meningkatkan jumlah penelitian perlu diketahui fokus penelitian di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis fokus penelitian di Indonesia dengan memetakan penelitian yang berasal dari universitas dan lembaga penelitian yang terindeks oleh database scopus selama 5 tahun terakhir menggunakan metode content analysis dengan teknik co-word analysis. Hasil dari penelitian ini adalah peta tema penelitian yang menunjukkan tema unggulan setiap tahun dan tren perkembangan tema penelitian dari tahun ke tahun.

The advancement of Science and Technology of a nation plays an important role in enhancing the international competitiveness of the nation. One indicator that used to quantify the progress of science and technology in a nation is the amount of research that is published in international database. The number of Indonesian research published in international database is still lags behind other ASEAN countries. In order to increase the number of research, Indonesia need to find the focus of research. Therefore, this study was conducted to analyze the focus direction of research in Indonesia to map the research from universities and research institutes that are indexed by Scopus database during the last five years using content analysis method with co-word analysis technique. This study generate maps that show the main research themes each year and the trend of research development from the last five years.

 File Digital: 1

Shelf
 S59216-Anitasari Titiani Widari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S59216
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 60 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59216 14-21-146493636 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20411241
Cover