UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian penanggulangan kecelakaan pada Simpang Harmoni, Jakarta Pusat = Study of accident prevention at Harmoni Intersection, Central Jakarta

Nanlohy, Vinensia Meisclin; Tri Tjahjono, supervisor; Siregar, Martha Leni, supervisor; Alan Marino, examiner; Alvinsyah, examiner ([Publisher not identified] , 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Diterapkannya sistem Bus Rapid Transit (BRT) di Jakarta pada persimpangan sebidang menyebabkan terjadinya konflik lalu lintas, tundaan yang cukup lama, dan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Simpang Harmoni merupakan salah satu persimpang sebidang yang cukup kompleks di Jakarta. Sehingga, pada kajian ini dilakukan analisa penyebab kecelakaan dan kinerja dari simpang tersebut. Kemudian dilakukan beberapa alternatif perubahan dan dianalisa dengan menggunakan program TRANSYT untuk memperoleh simpang yang efisien dan berkeselamatan. Dari hasil kajian ini diperoleh bahwa dengan mengubah waktu siklus pada simpang Harmoni, perubahan lajur untuk pergerakan lalu lintas dari ruas jalan Hayam Wuruk, dan pengaturan pergerakan belok kiri dari ruas jalan Majapahit dan jalan Suryo Pranoto menggunakan sinyal lalu lintas, maka dapat menghasilkan efisiensi nilai tundaan dan antrian sebesar 37,82% dari kondisi mendekati eksisting. Selain efisien, dengan alternatif ini juga dapat meminimalkan pola kecelakaan seperti tabrakan antar kendaraan yang searah dan juga tabrakan tegak lurus di simpang Harmoni.

ABSTRACT
Implementation of Bus Rapid Transit (BRT) in Jakarta at the intersection cause traffic conflicts, delay, and traffic accidents. Harmoni intersection is one of the complex intersections in Jakarta. This study is to analyze the causes of accidents and the performance of this intersection. Then some alternatives are conducted using TRANSYT program to obtain efficient and safety intersection. From the results of this study showed that by changing the cycle time at the Harmoni intersection, change lanes for traffic movement on the road Hayam Wuruk, and setting the left turn movement of the road Suryo Pranoto and Majapahit using traffic signals, it can carry out the efficiency of the delay and queue for 37,82% of the existing condition. In addition to efficient, with these alternatives can also minimize the pattern of accidents such as collisions between vehicles in the same direction and also perpendicular collision at the Harmoni intersection.

 File Digital: 1

Shelf
 S59844-Vinensia Meisclin N.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S59844
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 97 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59844 S59844 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20411306
Cover