UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sekolah alam sebagai ruang belajar sensorik anak autistik = Nature school as autistic children sensory learning space / Mufidah Fathi Dini

Mufidah Fathi Dini; Simatupang, Rossa Turpuk Gabe, supervisor; Sihombing, Antony, examiner; Azrar Hadi H. Ramli, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Anak autistik memiliki gangguan sensorik yang membuatnya beranggapan
bahwa ruang di luar dirinya memiliki stimulan sensorik berlebihan yang
membuatnya tidak nyaman saat berada dalam suatu ruang, akibat rasa tidak
nyaman tersebut anak cenderung menarik diri dari ruang tempat ia berkegiatan.
Padahal ruang, dalam konteks belajar, menentukan kualitas belajar seorang anak.
Oleh karena itu, anak harus dilatih agar gangguan sensoriknya dapat berkurang
sehingga kualitas belajar anak dapat meningkat.
Sekolah alam menyediakan dua ruang belajar bagi anak autistik yaitu ruang
belajar di dalam ruangan dan di alam. Ruang belajar di dalam ruangan memiliki
intensitas stimulan sensorik yang sedikit sehingga dapat digunakan anak untuk
kegiatan belajar yang membutuhkan fokus yang tinggi. Ruang belajar di alam
memiliki intensitas stimulan sensorik yang lebih besar dan digunakan untuk
kegiatan belajar yang dominan bergerak aktif. Kedua ruang yang berbeda ini
dapat memfasilitasi gangguan sensorik anak autistik sehingga anak dapat
berkegiatan dengan nyaman sekaligus melatih respon sensoriknya agar terus
berkembang ke arah yang lebih baik., Autistic children have sensory difficulties that make children think that the
space outside him had exaggerated sensory stimulants that make them feel
uncomfortable when doing activities in a space, because of this inconvenience,
children tend to withdraw from the space where they perform activities. Whereas
space, in the context of learning, determine the quality of a child's learning.
Therefore, children should be trained to reduced their sensory diffculties, so that
the quality of children's learning can be increased
Nature school provides two learning space for autistic children that is
learning space in the room and in nature. Learning space in the room has a
sensory stimulant intensity slightly so that it can be used for learning activities
which require high focus. Learning space in nature has an intensity greater
sensory stimulant and used for learning that require active movements. Both of
these different spaces can facilitate sensory difficulties in autistic children so that
the children can do activities with ease at once, trained sensory response in order
to continue to be better.]

 File Digital: 1

Shelf
 S58910-Mufidah Fathi Dini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S58910
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 74 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58910 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20411510
Cover