UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Usulan desain tangga yang ergonomis berdasarkan antropometri orang Indonesia dengan menggunakan metode virtual environment = Proposed the stairs ergonomics design based on Indonesian people anthropometric using a virtual environment method

Asrul Arafat; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor; Erlinda Muslim, examiner; Amalia Suzianti, examiner; Maya Arlini Puspasari, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Dalam Melakukan aktivitas sehari hari, banyak manusia yang tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil dilingkungan sekitarnya. Contoh sederhananya dapat kita ambil tangga. Kebanyakan dari tangga hanya dibuat berdasarkan bentuk dan keinginan dari pemilik rumah sendiri. Padahal jika ditelusuri lebih dalam tangga tersebut dapat beresiko menyebabkan terjadinya WSDM.
Penelitian ini mencoba untuk mempelajari desain tangga yang nyaman sesuai dengan postur orang Indonesia dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software simulasi ergonomic, Jack 8.2.
Dalam penelitian ini difokuskan pada tinggi anak tangga dan tinggi handrail yang mengacu pada tangga SNI. Desain tangga yang terbentuk dari seluruh konfigurasi yang diujikan dinilai dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI). Dan hasil dari penelitian ini berupa usulan desain tangga yang ergonomis untuk orang Indonesia.

In performing daily activities, many people are not attention about a little things in their environment. A simple example is stairs. Most of stairs had made based on the shape and the desire of the owner of the house itself. In fact, if it explored more deeply, the stairs can be lead risky to WSDM.
This research attempts to study the stairs comfortable design that accordance with the posture of Indonesian people in a virtual environment using simulation software ergonomics, Jack 8.2.
This study focused on high risers and high staircase handrail which refers to the SNI standart. Stairs design formed by entire configuration tested was assessed by using Posture Evaluation Index (PEI). And the result of this research is a design proposal for the stair ergonomics design in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S59487-Asrul Arafat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S59487
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 105 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59487 14-22-46086697 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20411635
Cover