ABSTRAKSusu adalah makanan yang hampir sempurna karena mengandung berbagai zat
gizi yang memadai. Keputusan orang tua dalam membeli susu dipengaruhi berbagai
faktor. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan
dengan keputusan membeli susu untuk balita. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, desain studi cross-sectional, dan analisis uji chi square. Instrumen yang
digunakan berupa kuesioner untuk mendapatkan jawaban mengenai variabel yang
diteliti, yaitu keputusan membeli susu untuk balita, pendidikan ibu, pengetahuan gizi
ibu, pendapatan keluarga, kebiasaan membaca label pangan (komposisi, informasi
nilai gizi, klaim/pesan kesehatan, cara penyajian), pengaruh sumber informasi,
pengaruh merek, pengaruh harga, dan status gizi balita. Selain itu, penelitian ini juga
menggunakan semi quantitative food frequency questionnaire untuk mendukung data
sumbangan energi dari susu pada balita dan timbangan untuk mengukur berat badan
balita. Penelitian dilakukan pada bulan April – Mei 2015 dengan responden berjumlah
107 ibu yang memiliki balita. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang
bermakna antara kebiasaan membaca label informasi nilai gizi dan pengaruh sumber
informasi dengan keputusan membeli susu pada Ibu-ibu orang tua siswa SDIT Al-
Hamidiyah Depok tahun 2015. Disarankan instansi terkait dan pihak sekolah
mengingatkan orang tua untuk selalu memperhatikan label gizi ketika membeli
makanan balita. Orang tua diharapkan juga terus mencari informasi tentang pemilihan
ABSTRACTMilk is an-almost-perfect food, contain various adequate nutrient. Parents’ decisions in buying milk are influenced by various factors. The objectives of this study are to find out the factors associated with buying milk-for-toddlers decision. This research used a quantitative approach, cross-sectional study design, and data analysis by chi square test. Instruments that used are questionnaire to get answers from respondents regarding the examined variables, i.e. the decision of buying milk-for-toddlers, mother's education and nutritional knowledge, family income, the habit of reading food labels (composition, nutritional value information, claims/health messages, serving recommendation), the influence of the information sources, brands, and prices; semi quantitative food frequency questionnaire to support the data of toddlers’ energy intakes; and weight scales to get body weight and calculating toddlers’ weight-for-age. Research conducted in April – May 2015 on 107 mothers who have toddlers. The results of the analysis shows there are significant relationship between reading food-nutrient-value-label habit and the influence of information resources with buying milk decision. It’s recommended that the relevant agencies and school principles work together in reminding parents to always pay attention to the nutritional labels when purchasing toddler’s foods. Parents are also expected to continue to seek information about milk-for-toddlers preference.