ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai alur pelayanan pasien peserta BPJS Kesehatan di
RSU Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan metode simulasi event diskrit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alur pelayanan pasien peserta BPJS
Kesehatan di RSU Kota Tangerang Selatan yang berjalan saat ini dan mengetahui
kemungkinan intervensi operasional yang dapat diterapkan untuk dapat
meningkatkan alur pelayanan dari sistem yang sudah ada. Indikator yang menjadi
penilaian mengenai kinerja pelayanan adalah waktu total yang dibutuhkan pasien
mulai dari masuk hingga keluar sistem (length of stay) yang dihitung dengan
satuan dasar menit. Dengan dua skenario alternatif yang diusulkan yaitu
perubahan waktu buka poli dan penambahan jumlah petugas administrasi,
didapatkan hasil bahwa perubahan waktu buka poli dapat mengurangi length of
stay secara signifikan.
ABSTRACTThis study investigates the flow of BPJS Kesehatan patient service at RSU Kota
Tangerang Selatan by using disecrete event simulation. The aims of this study are
to analyze the current flow of BPJS Kesehatan patient service at RSU Kota
Tangerang Selatan, and to identify the operational interventions which can be
implemented to improve the patient flow. The indicator to measure the service
flow performance is the total time needed for patient to walk through the system
(or length of stay) based on minutes. Between two alternative scenarios, which are
the alteration of polyclinic opening times and the addition of administration staffs,
the result shows that the alteration of polyclinic opening times may decrease the
patient length of stay significantly.