UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor faktor yang berhubungan dengan obesitas pada umur lebih dari 18 tahun di Provinsi Sulawesi Utara tahun 2013 analisis data riskesdas 2013 = Factors associated with obesity at aged over 18 years in province north Sulawesi in 2013 data analysis by riskesdas 2013

Khobir Abdul Karim Taufiqurahman; Sutanto Priyo Hastono, supervisor (Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Obesitas selalu berkaitan dengan penyakit degeneratif. Prevalensi obesitas tertinggi terdapat di Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan obesitas pada umur lebih dari 18 tahun di Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah seluruh penduduk yang berumur lebih dari 18 tahun yang telah di ukur berat badan dan tinggi badan di Provinsi Sulawesi Utara dalam data Riskesdas 2013. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat, bivariat menggunakan chi-square, dan multivariat menggunakan regresi logistik ganda dengan model prediksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor resiko yang menyebabkan obesitas adalah umur 40-50 tahun, perempuan, tingkat pendidikan minimal SMA atau lebih, telah menikah, tidak merokok, konsumsi tinggi lemak dan cukup serat, aktivitas fisik yang aktif, lama waktu perilaku sedentari minimal 6 jam atau lebih, status ekonomi yang lebih tinggi, serta wilayah tempat tinggal di perkotaan. Selain itu, faktor-faktor yang berpengaruh dengan kejadian obesitas adalah umur, jenis kelamin, status menikah, status merokok, konsumsi serat, perilaku sedentari, status ekonomi, dan wilayah tempat tinggal serta faktor yang paling dominan adalah status menikah. Akses pelayanan kesehatan yang terjangkau berupa sumber informasi mengenai gizi seimbang dan aktivitas fisik yang cukup sebagai upaya promotif dan preventif terhadap kejadian obesitas.

Obesity is always associated with degenerative diseases. The highest prevalence of obesity in North Sulawesi Province. This study aims to determine the factors associated with obesity at the age of over 18 years in North Sulawesi. This study is a descriptive analytic cross-sectional design. The sample was the entire population over the age of 18 years who has been in measuring weight and height in North Sulawesi in the data Riskesdas 2013. The analysis used in this research is univariate analysis, bivariate analysis using chi-square, and multivariate using binary logistic regression with prediction model.
The results showed risk factors that lead to obesity are age 40-50 years old, female, minimum education level of high school or more, have been married, no smoking, high consumption of fat and enough fiber, active physical activity, sedentary behavior a long time at least 6 hours or more, higher economic status, as well as in urban residential areas. In addition, the factors that influence the incidence of obesity are age, sex, married status, smoking status, fiber consumption, sedentary behavior, economic status, and region of residence as well as the most dominant factor is the status of marriage. Access to affordable health care in the form of a source of information on balanced nutrition and sufficient physical activity as promotive and preventive efforts against obesity.

 File Digital: 1

Shelf
 S60879-Khobir Abdul Karim T..pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S60879
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xx, 85 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S60879 14-20-414429160 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412356
Cover