UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian resiko keselamatan kerja pada proses pemasangan tower monopole pada pembangunan proyek BTS Cikarang Listrindo Jababeka-Babelan Stage 2 oleh PT CX = Safety risk assessment for installation process monopole tower development project in Listrindo Jababeka Cikarang BTS Babelan Stage 2 by PT CX

Fatma Kurniasari; Zulkifli Djunaidi, supervisor; Mila Tejamaya, examiner; Wibisono, examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

PT CX merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Sebesar 32% kecelakaan kerja yang ada di Indonesia terjadi di sektor konstruksi. Pekerjaan di ketinggian merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki risiko kecelakaan kerja yang besar, Oleh karena itu penelitian ini dilakukan pada proses pemasangan tower monopole (erection tower) yang dilakukan di ketinggian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko keselamatan kerja pada proses pemasangan tower monopole (erection tower) di ketinggian dengan mengacu pada metode analisis risiko semikuantitatif AS/NZS 4360:2004. Desain penelitian yang dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif.Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diketahui risiko keselamatan kerja tertinggi pada proses pemasangan tower monopole (erection tower) adalah terjatuh. Sedangkan risiko yang lain, adalah tergores, terpeleset, terbentur, dan kejatuhan material. Pengendalian yang direkomendasikan antara lain, penyedian scaffolding dengan platform, dan penyediaan APD lengkap.

PT CX is one of the companies engaged in the construction field. 32% of workplace accidents in Indonesia occurred in the construction sector. Working at height is one of the jobs that have a great risk of workplace accidents, therefore this research is done on the installation process monopole tower (tower erection) conducted in height. This research aims to determine the risk level of safety in the installation process monopole tower (tower erection) in height with reference to the semi- quantitative risk analysis methods AS / NZS 4360: 2004. Design research conducted with descriptive analysis approach. The collection of data obtained from observations and interviews. The survey results revealed the highest safety risk in the installation process monopole tower (tower erection) is falling. Whereas other risks are etched, slip, stumble, and fall of the material. Control recommended, among others, provision of scaffolding with a platform, and the provision of complete PPE.

 File Digital: 1

Shelf
 S58992-fatma_kurniasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S58992
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 142 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58992 14-21-427960339 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412468
Cover