UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara pandangan mahasiswa terhadap dosen sebagai otoritas sumber informasi dan self efficacy pada mahasiswa psikologi = The correlation between students perceived of lecturer as epistemic authority and self efficacy of psychology student / Astika Yunita Sari

Astika Yunita Sari; Linda Primana, supervisor; Puji Lestari; Erita Narhetali, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pandangan mahasiswa terhadap dosen sebagai otoritas sumber informasi dan self-efficacyyang mereka miliki, khususnya pada mahasiswa Psikologi.Pengukuran terhadap otoritas sumber informasi menggunakan alat ukur Epistemic Authority Scale (EAS) (Raviv, Bar-Tal, Raviv, Biran, & Sela, 2003), sedangkan pengukuran terhadap self-efficacy menggunakan alat ukur Self-efficacy Scale (Zajacova, Lynch, & Espenshade, 2005).Penelitian ini melibatkan sebanyak 167 responden yang seluruhnya merupakan mahasiswa Psikologi UI angkatan 2011-2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pandangan mahasiswa terhadap dosen sebagai otoritas sumber informasi dan self-efficacy yang mahasiswa miliki (r = 0,181). Hal ini mengindikasikan bahwa pembentukan pengetahuan dan self-effcacy mahasiswa dapat ditingkatkan oleh dosen yang berperan sebagai otoritas sumber informasi., The purpose of this study was to investigate the relationship between student’s perceived of lecturer as epistemic authority and their self-efficacy, especially in psychology student. Epistemic authority measured using Epistemic Authority Scale (EAS) (Raviv, Bar-Tal, Raviv, Biran, & Sela, 2003), whereas self-efficacy measured using Self-efficacy Scale (Zajacova, Lynch, & Espenshade, 2005). This study involved 167 psychology student of University of Indonesia as participant. Result shown that there is positive and significant correlation between students’ perceived of lecturer as epistemic authority and students’ self-efficacy (r=0,181). Result of this study indicated that students’ formation of knowledge and self-efficacy can be improved by lecturer who serves as epistemic authority.]

 File Digital: 1

Shelf
 S59998-Astika Yunita Sari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S59998
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 52 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59998 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412589
Cover