ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan prokrastinasi yang dilakukan oleh
mahasiswa berdasarkan tingkat perkualiahannya. Pengukuran kecenderungan
prokrastinasi yang dilakukan menggunakan Tuckman?s Procrastination Scale oleh
Tuckman (1991) dan prokrastinasi yang dilakukan diukur menggunakan Active
Procrastination Scale oleh Choi dan Moran (2009). Responden berjumlah 109
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dari seluruh tingkat perkuliahan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang cukup
signifikan antara prokrastinasi dan tingkat perkuliahan. Hasil penelitian ini
menunjukkan banyaknya prokrastinator dan prokrastinator aktif pada seluruh
responden. Prokrastinator paling banyak terdapat pada mahasiswa tingkat pertama.
Prokrastinator aktif paling banyak terdapat pada tingkat akhir.
ABSTRACTThis research aimed to examine the differences of procrastination in every college?s
years. The tendency to do procrastination were measured by Tuckman?s
Procrastination Scale which made by Tuckman (1991) and which procrastination they
do were measured by Active Procrastination Scale which made by Choi and Moran
(2009). The respondents were 109 college students from Faculty of Psychology,
University of Indonesia from every college?s years. The result of this research showed
that there is no a significant differences in procrastination and college?s years.The
result also showed that there is many procrastinators and active procrastinators in all
respondents. The highest amount of procrastinators are in first year of college. The
highest amount of active procrastinators are in last year of college.