[Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat dalam
mendorong roda perekonomian. Pembangunan infrastruktur jalan tol merupakan
kewajiban pemerintah sebagai penyelenggara negara. Pembangunan jalan tol
membutuhkan dana yang besar sehingga pemerintah dapat melibatkan pihak swasta
melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha. Skema ini merupakan
alternatif sumber pendanaan utama infrastruktur karena anggaran negara untuk
pembangunan infrastruktur sangat terbatas. Tarif tol menjadi salah satu faktor yang
mempengaruhi pengembalian biaya investasi yang dikeluarkan oleh badan usaha
jalan tol dalam melakukan kegiatan pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol.
Sehingga permasalahan mengenai tarif tol merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi minat swasta dalam melakukan investasi di bidang pengusahaan
jalan tol. Selain itu, dalam melakukan kegiatan pengoperasian dan pemeliharaan
jalan tol yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol, badan usaha
jalan tol seringkali mengalami kenaikan biaya investasi tambahan. Hal ini akan
mempengaruhi pendapatan dari badan usaha jalan tol. Untuk itu penelitian ini akan
membahas mengenai upaya negara dalam pengembalian biaya investasi badan
usaha jalan tol. tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ketentuan hukum
mengenai upaya negara dalam mengembalikan biaya investasi badan usaha jalan
tol., Highway is one of the most important infrastructure that has influence for economic
growth in a country. The development of toll roads is the responsibility of
Indonesian Government, but in this case the private sector can built the
infrastructure with the Public Private Partnership (PPP) scheme. PPP scheme is a
major source of alternative financing, because the state has a limited budget for
infrastructure development. Highway pricing is the one of most important factor
that influence the revenue of private sector. So it influence the private sector to
invest in highway development in Indonesia. Private sector can face a major
problem that influence their revenue because of the addition of operation and
maintenance cost that cause additional cost for their investment. To that end, this
research will discuss about the state effort to return the private sector investment
cost by highway pricing control. The purpose of this research was to determine the
effort of the state to return the investment cost that invested by the private sector.]