ABSTRAK Penelitian ini mencoba untuk melihat pengaruh dari adanya kompensasi yang
diberikan maskapai saat terjadi keterlambatan melalui perspektif dari equity theory
yaitu melihat sejarah dari hubungan pelanggan dengan maskapai. Sampel pada
penelitian ini adalah pelanggan yang maksimal menggunakan jasa penerbangan
dalam 2 tahun terakhir. Penelitian dianalisis menggunakan metode kausal
eksperimen dengan responden diberikan skenario yang telah diatur sedemikian
rupa. Hasil penelitian kemudian diolah menggunakan metode uji beda independent
sample t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan tingkat
hubungan pelanggan - maskapai memiliki pengaruh terhadap brand loyalty
pelanggan baik secara sikap maupun perilaku untuk menggunakan maskapai
terkait.
ABSTRACT This study tries to look at the effect of the compensation provided in the event of
airline delays through the perspective of equity theory by look at the history of the
customer relationship with the airline. Respondents in this research were required
to experience airline service maximum in the last 2 years. The result was analyzed
using causal experiments where respondents were given a scenario that has been
arranged. The results then processed using independent sample t-test. Results of
the study showed that compensation and relationship level customer - airline had
an effect on the customer's brand loyalty both attitudes and behavior to the related
airline.