UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran pemimpin dalam adopsi inovasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Kelurahan Cililitan = The role of the opinion leaders in innovation adoption of based society waste management in Cililitan / Indah Mustikawati

Indah Mustikawati; Semiarto Aji Purwanto, promotor; Dian Sulistiawati Syamsir, supervisor ([Publisher not identified] , 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan usaha menggambarkan dan menjelaskan peran pemimpin dalam adopsi inovasi pengelolaan sampah di Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah partisipatif dengan turut serta dalam pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan ujicoba-ujicoba yang dilakukan oleh pemimpin pengelolaan sampah. Hasil penelitian membuktikan bahwa peran pemimpin dalam adopsi inovasi mengenai pengelolaan sampah di Kelurahan Cililitan mengalami penerimaan yang lambat. Hal itu disebabkan karena kemampuan pemimpin dalam menerapkan inovasi dan memengaruhi warga lainnya dipengaruhi oleh struktur sosial masyarakat setempat.

ABSTRACT
This study is an attempt to describe and explain the role of the opinion leaders in innovation adoption of waste management in the Village Cililitan, District Kramat Jati, East Jakarta. This research was conducted using qualitative methods. The approach used is participatory and participated in training conducted by nongovernmental organizations (NGOs) and trial by the leader of waste management. The research proves the role of opinion leaders in the innovation adoption on
waste management in Sub Cililitan experiencing a slow acceptance. This is because the ability of a opinion leaders in applying innovation and influence other residents are depends on the social structure of society.

 File Digital: 1

Shelf
 S60087-Indah Mustikawati.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S60087
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 62 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S60087 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413568
Cover