ABSTRAKSocial media mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Di
Indonesia, sebanyak 72% pengguna internet menggunakan internet dengan alasan
untuk mengakses sarana komunikasi dan penggunaan social media merupakan
kegiatan utamanya. Hal ini mengindikasikan bahwa social media merupakan
media komunikasi dan promosi yang tepat bagi brand. Industri musik merupakan
salah satu bisnis yang memanfaatkan social media sebagai media komunikasi
sekaligus promosi khususnya konser musik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh positif dan signifikan dari social media terhadap emosi dan
brand relationship quality, serta hubungan kedua variabel tersebut terhadap word
of mouth (WOM) pada penonton konser. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode. Responden
penelitian ini berjumlah 160 orang penonton konser dengan terakhir menonton
konser adalah 1 tahun terakhir. Model penelitian dengan lima hipotesis ini diuji
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa interaksi social media dapat menimbulkan emotional
attachment. Emotional attachment yang dirasakan penonton konser akan
berpengaruh postif dan signifikan terhadap brand relationship quality dan
menciptakan word of mouth pada penonton konser
ABSTRACTSocial medias have been developing significantly from year to year. In Indonesia,
72% of the internet users use the internet to access social medias. This indicates
that social medias are effective brand communication and promotion tools. Music
is one of the business industry which utilizes social medias as communication and
promotion tools, especially related to music concerts. The purpose of this study is
to identify the impacts and relationship of social medias towards emotional
attachment and brand relationship quality, then both of them towards word of
mouth (WOM) on concert?s attendances. This research uses descriptive design
research conducted in one period (cross sectional design). Respondents of this
study are 160 persons who attended concerts in the last year. The five-hypotheses
research model in this study is tested using the Structural Equation Modeling
(SEM). This research shows that social media interaction may result in emotional
attachment. Emotional attachment felt by concert attendants may influence
positively and significantly to brand relationship quality and creates word of
mouth among the concert attendants