UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kondisi lingkungan terhadap kondisi fisik koleksi antiquariat pusat perpustakaan dan penyebaran teknologi pertanian bogor = The influence of the enviromental physical condition antiquariat collections at Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor / Jaka Martian Rusmin

Jaka Martian Rusmin; Tamara Adriani Susetyo-Salim, supervisor; Anon Mirmani, examiner; Yeni Budi Rachman, examiner ([, ], 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kondisi lingkungan terhadap kondisi fisik antiquariat di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor (PUSTAKA BOGOR). Koleksi antiquariat adalah koleksi yang memiliki umur lebih dari 50 tahun dan mempunyai nilai sejarah yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan perkembangan budaya bangsa. Oleh sebab itu koleksi antiquariat masih dipertahankan dan dijaga oleh PUSTAKA dari laju kerusakan yang mungkin akan terjadi pada koleksi tersebut. Kondisi lingkungan yang kurang baik dapat mengakibatkan kerusakan pada kondisi fisik koleksi antiquariat. Suhu ruangan dan kelembaban ideal bagi bahan pustaka adalah 20o - 24oC dan 45 - 60% RH. Oleh sebab itu keadaan ruang koleksi harus dijaga dalam keadaan yang ideal. Fluktuasi temperatur dan kelembaban suhu disebabkan oleh kadar intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Kondisi ruang koleksi selalu terang pada saat siang hari sedangkan redup pada saat pagi dan sore hari. Dalam upaya menjaga kondisi ruang yang ideal, PUSTAKA melakukan pengadaan dehumidifier, namun dalam pelaksanaannya mengalami banyak kendala. Kendala yang terjadi adalah belum adanya kebijakan penggunaan alat dehumidifier. Pada hakikatnya, penyusunan kebijakan adalah salah satu faktor utama dalam menjalankan aktifitas pelestarian. Penyusunan kebijakan masuk ke dalam proses preventive conservation yang wajib dimiliki oleh setiap perpustakaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan tentang keadaan kondisi fisik koleksi antiquariat yang disebabkan oleh kondisi lingkungan ruang koleksi. Korelasi antara kondisi lingkungan dan kondisi fisik koleksi antiquariat akan dijabarkan sehingga dapat dijadikan acuan dalam penyusunan kebijakan penggunaan dehumidifier di PUSTAKA.

ABSTRACT
This thesis aims to explain the effect of environmental conditions on the physical condition Antiquariat in Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor (PUSTAKA Bogor). Antiquariat collection is a collection that has a lifespan of over 50 years and has a value associated with the history of science and the development of national culture. Therefore Antiquariat collection is maintained and preserved by PUSTAKA of the rate of damage that might occur in the collection. Unfavorable environmental conditions can result in damage to the physical condition Antiquariat collection. Indoor temperature and humidity ideal for library materials is 20o - 24oC and 45-60% RH. Therefore, the state of the collection chamber should be maintained in an ideal state. Fluctuations in temperature and humidity caused by the levels of intensity of light coming into the room. The condition of the collection chamber always bright during the daytime while the dim during the morning and afternoon. In order to maintain the ideal conditions of space, PUSTAKA buying some of dehumidifier, but in practice has many obstacles. Constraints that happens is not have the policy of to using a dehumidifier. In essence, the policy-making is one of the major factors in running preservation and conservation activities. the policy-making process is part of preventive conservation that must be owned by each library. This thesis is expected to provide a view of the state of the physical condition of the collection Antiquariat caused by environmental conditions the collection chamber. The correlation between environmental conditions and physical conditions Antiquariat collection will be explained so that it can be used as a reference in policy making use of a dehumidifier in PUSTAKA.

 File Digital: 1

Shelf
 S61511-Jaka Martian Rusmin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S61511
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [, ], 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ita rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : Xviii, 186 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61511 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413991
Cover