UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan latar belakang sosioekonomi dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah = The correlation between socioeconomic backgrounds with language ability development among preschool children

Yustia Istiarni Yustia Istiarni; Nur Agustini, supervisor; Fajar Tri Waluyanti, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Kemampuan berbahasa anak sangat penting dalam membantu anak bersosialisasi dengan lingkungannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa yaitu latar belakang sosioekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan latar belakang sosioekonomi dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 62 anak usia prasekolah di Kelurahan Tanah Baru, Depok, yang dipilih secara konsekutif. Penelitian ini menggunakan kuesioner perkembangan bahasa dan sosioekonomi yang dibuat oleh peneliti.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata perkembangan bahasa anak berada pada rentang normal. Berdasarkan analisis bivariat, tidak ada hubungan yang signifikan antara latar belakang sosioekonomi dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah (p = 0,251). Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu ditambahkan faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bahasa seperti lamanya interaksi ibu dengan anak.

Children's language ability is very important to help them socialize with their environment. One of factors that influence the development of child’s language ability is socioeconomic background. The purpose of this study was to determine the correlation between socioeconomic backgrounds with language ability development among children at the age of preschool. This research used descriptive correlation design with a sample size of 62 preschool children in Kelurahan Tanah Baru, Depok. The data was collected with consecutive sampling technique. The questionnaire to measure child’s language ability development was developed by researcher.
The study showed that the average of children’s language ability development was at normal range. Bivariate analysis disclosed that there was no significant correlation between socioeconomic backgrounds with language development among preschool children (p=0.251). This study recommends further research to find out other factors affecting the development of language ability among preschool children such as the length of the interaction between mothers with their children.

 File Digital: 1

Shelf
 S61608-Yustia Istiarniyustia Istiarni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S61608
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ita rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 69 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S61608 14-22-40303663 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20413999
Cover