UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

PT. Hadji Kalla dalam bingkai nilai budaya lokal dan bisnis modern : sebuah kajian budaya organisasi perusahaan keluarga = Pt hadji kalla on the value framework of the local culture and the modern management a corporate culture study on family business

Hardiyanti Munsi; Prihandoko Sanjatmiko, supervisor; Johannes Emmed Madjid Prijoharjono, supervisor; Tony Rudyansjah, examiner; Endang Partrijunianti Gularso, examiner; Dian Sulistiawati Syamsir, examiner; Jajang Gunawijaya, examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Studi/penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan keunikan struktur dan gaya pengelolaan berciri primordial, yakni kekeluargaan/kekerabatan, keagamaan, dan nilai budaya Bugis setempat yang membentuk sistem kebudayaan dalam perusahaan keluarga PT. Hadji Kalla. Secara teoritis, penelitian ini berangkat dari perspektif Weber mengenai tipe ideal birokrasi yang meihat organisasi (dalam hal ini perusahaan keluarga) sebagai salah ssatu gejala sosio-kultural yang netral dan bebas nilai sehingga mengesampingkan unsur-unsur subjektivitas di dalamnya. Penelitian dilakukan di dua lokasi, yakni kantor pusat dan kantor cabang dengan menggunkan pendekatan kualitatif yang mengandalkan pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan studi literature.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan keluarga PT. Hadji Kalla yang telah bertaraf nasional tetap mengedepankan hubungan/ikatan kekerabatan, etnis, dan agama dalam kegiatan sehari-hari perusahaan, bahkan nilai-nilai tersebut ikut memberi corak perusahaan pada masyarakat perkotaan diberbagai daerah usaha perusahaan. Ini berarti bahwa meskipun masyarakat telah mengalami perubahan, bukan berarti nilai-nilai primordial dan hal-hal yang berada diluar perusahaan (kekerabatan, big men, agama, nilai budaya, kepentingan) tidak ikut mempengaruhi aktifitas perusahaan formal. Oleh karena itu, intervensi unsur subyektivitas akan selalu mencul diikuti dengan penerapan sistem manajemen modern yang diterapkan oleh perusahaan PT. Hadji Kalla.

This study/research intends to identify and to describe the unique structure and the managing style that owns primordial characteristics, that is giving significance to kinship, religion, and local Bugis cultural values, which made up the cultural system of PT. Hadji Kalla family business. Theoritically, this research was inspired from Weberian perspective on the ideal types of bureaucracy, that observes organizations (in this case is the family business) as one of the socio-cultural phenomena which is neutral and value-free, that is place aside its subjective aspects. The research was conducted in two locations, the head office and one of the branch offices using qualitative approach that relies on participant observation, in-depth interviews, and literature studies.
The results of the research shows that the family business of PT. Hadji Kalla that has advanced into national level still prioritizes kinship, ethnicity, and religious aspects in the daily activities of the company. The value even take parts in providing the company‟s colour to the urban societies in various districts where the company stands. This means that although the society has undergone transformations, it doesn‟t mean that the primordial value, and the elements that exist outside of businesses (such as kinship, big men, religion, cultural values, and interest) do not influence the activities that are held in formal organizations. Therefore, the interventions of subjective aspects will always appear, followed with the application of the modern management system that is implemented by PT. Hadji Kalla company.

 File Digital: 1

Shelf
 T44680-Hardiyanti Munsi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T44680
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 145 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44680 15-21-121697293 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20414283
Cover