ABSTRAKTesis ini membahas tentang pengaruh terpaan iklan susu formula di televisi
terhadap persepsi ibu tentang kecerdasan anak. Berlandaskan paradigma positivis,
penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh terpaan iklan susu
formula terhadap ibu yang menjadi target sasarannya dan Apakah ada hubungan
antara terpaan iklan susu formula di televisi mempengaruhi persepsi ibu berkaitan
dengan kecerdasan anak. Dengan menggunakan analisa Teori Dependensi Efek
Komunikasi Massa (Dependency Model Mass Communication Effects), Teori
Kultivasi (Cultivation Theory) dan Teori Persepsi (Perception Theory) peneliti
berusaha menjelaskan bagaimana persepsi ibu-ibu tentang kecerdasan anak
dipengaruhi terpaan tayangan iklan susu formula di media televisi. Kesimpulan
dari penelitian ini menunjukkan ada korelasi antara terpaan iklan susu formula
yang ditayangkan di media televsi dengan persepsi ibu tentang kecerdasan anak.
Peneliti merekomendasikan agar penelitian ini bisa terus dikembangkan dengan
melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi.
ABSTRACTThis thesis studies about grown up milk advertising influences to mother’s
perception about their kids intelligence. Based on positivist paradigm, this
research aims to proved what grown up milk advertising influences to mother’s
perception about their kids intelligence effective. Use Dependency Model Mass
Communication Effects, Cultivation Theory and Perception Theory, the researcher
want to explain how the perception about kids intelligence influences by exposure
grown up milk advertsing on television. The result of this research shows there are
correlation between exposure grown up milk advertising on television with mother
perception about their kids intelligence. The researcher recommends that this
research still can be developed by looking at other factors that influence