ABSTRAKTesis ini membahas kegagalan konstruksi Sheet-pile sebagai dinding penahan
tanah fleksibel di Pelabuhan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi
Kalimantan Timur. Pelaksanaan pembangunan dimulai pada bulan Desember
tahun 2009. Pada bulan Februari tahun 2010 selang masa konstruksi, sheet-pile
tersebut mengalami keruntuhan dengan deformasi yang terjadi pada dinding
sangat besar, serta tiang spun pile sebagai support lateral mengalami patah.
Dengan memperhatikan mode keruntuhan sheet-pile berdasarkan Eurocode 7
“Geotechnical Design” dan analisa menggunakan program Plaxis 2D, kasus
kegagalan sheet-pile di pelabuhan Kota Bangun ini dianalisis lebih dalam. Hasil
penelitian menyatakan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan dinding
sheet-pile pelabuhan Kota Bangun adalah terbentuknya sendi plastis antara balok
penghubung dengan tiang spun pile, dikarenakan kurangnya ketahanan lateral dari
tiang spun pile. Metode pelaksanaan konstruksi dan kelalaian dalam pemodelan
juga merupakan faktor penyebab kegagalan dinding sheet-pile pelabuhan Kota
Bangun
ABSTRACTFailure of sheet-pile as a flexible retaining wall at Port of Kota Bangun, Kutai
Kartanegara East Kalimantan is presented in this thesis. The port project started
on December 2009. A large scale collapse on wall and fracture on spun pile
occurred on February,2010. Failure modes of sheet pile will be considered from
Eurocode 7 “Geotechnical Design” and detailed design will be using program
Plaxis 2D. The results of detailed studies disclosed that the plastic hinge is
formed between the beam with spun pile could be one factored of the cause of the
incident. Lack of support lateral caused the failure. Method of construction and
carelessness in planning also caused the failure at port of Kota Bangun.;