UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh faktor sosiologis, faktor psikologi sosial, faktor pilihan rasional dan vote buying terhadap preferensi pemilih pada pemilu legislatif 2014 daerah pemilihan DKI Jakarta III = The effect of sociological factors pychosocial factors rational preferences and vote buying on voter preference on legislative election 2014 in DKI Jakarta III electoral district

Randy Bagasyudha; Ali Muhyidin, supervisor; Kamarudin, examiner; Syaiful Bahri, examiner; Meidi Kosandi, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Penelitian ini ingin mencari tahu faktor apa yang membuat seorang pemilih memutuskan untuk memilih satu kandidat dan tidak memilih kandidat lainnya. Penelitian ini membahas pengaruh faktor sosiologis (agama, suku, jenis kelamin, keluarga dan peer group), faktor psikososial (orientasi isu, orientasi kandidat, identifikasi partai politik), pilihan rasional (prospectives voting, retrospectives voting) dan vote buying terhadap preferensi pemilih. Penelitian ini juga membahas faktor yang dominan di antara faktor-faktor tersebut dalam mempengaruhi preferensi pemilih. Dengan melakukan metode kuantitatif laboratory experimental, penelitian ini menemukan bahwa ada empat faktor dominan yang sangat mempengaruhi preferensi pemilih, yaitu: orientasi isu, orientasi kandidat, agama dan vote buying. Sehingga, dapat diinterpretasikan bahwa pemilih lebih rasional namun terjebak dalam pragmatisme politik yang muncul sebagai dampak dari kekecewaan dan rasa frustasi terhadap kinerja para elit politik.

This study examines why voters voted the way they did: what factors make a voter decides to choose one candidate over the others. This study analyzes the influence of sociological factors (religion, ethnicity, gender, family and peer group), psychosocial factors (issues orientation, candidates orientation, party identification), rational preferences factors (prospectives voting, retrospectives voting) and vote buying on voter preference. The study also determines the most dominant factor among these factors in influencing voter preference. Using quantitative laboratory experimental method, results show that there are four dominant factors that influence voter preference: issue orientation, candidate orientation, religion and vote buying. Thus, it can be interpretated that voters are more rational, but they are currently being trapped in a political pragmatism resulted from desperation and frustration toward political leaders’ performance.

 File Digital: 1

Shelf
 T44396-Randy Bagasyudha.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T44396
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 146 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44396 15-25-36665898 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20414735
Cover