[
ABSTRAKDengan menggunakan analisis data time series dari perusahaan plastik dan barang
dari plastik yang listing di Bursa Efek Indonesia dari 2003 sampai 2012,
penelitian ini berusaha menganalisis struktur pasar industri tersebut, serta
menganalisis apakah persaingan akan mempengaruhi kegiatan inovasi perusahaan
dan apakah inovasi akan berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan.
Struktur persaingan dilihat dari persentase market share dan lags market share
dari masing-masing perusahaan. Biaya untuk inovasi, diperoleh dari penjumlahan
Beban Research and Development, Aktiva dalam Penyelesaian (peralatan dan
mesin), dan Peningkatan Aset Tetap Peralatan dan Mesin dalam laporan keuangan
perusahaan. Kinerja perusahaan dilihat dari laba bersih sebelum pajak masingmasing
perusahaan.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa struktur pasar industri plastik adalah
persaingan monopolistik. Pengujian hipothesis pertama kurang sesuai dengan
teori Structure Conduct Performance (SCP) karena struktur kompetisi yang
dilihat dari market share tidak berpengaruh terhadap biaya inovasi. Sedangkan
pada hipotesis dua, inovasi perusahaan berpengaruh terhadap laba bersih.
ABSTRACTUsing time series data analysis for plastic and plastics goods companies listed in
Indonesia Stock Exchange from 2003 – 2012, this study examine market structure
and analyze whether competition will deliver effect to company’s innovation and
whether those innovation will influence net income.
In this study, the competition structure is seen from market shares, lags market
shares, and policies as dummy. Cost of doing innovation is sum of research and
development expense, Machine and Inventories - Work In Progress, and Fixed
Assets - increasing in Machine and Inventories. Company’s performance is seen
from each net income before tax.
Descriptive analysis shows that market structure in plastic and plastics goods
industry in Indonesia is monopolistic competition. Statistical result for hypothesis
is not sync with Structure Conduct Performance theory, where market share
doesn’t give effect on cost of doing innovation. While in hypothesis two, shows
innovation will influence company’s net income;, Dengan menggunakan analisis data time series dari perusahaan plastik dan barang
dari plastik yang listing di Bursa Efek Indonesia dari 2003 sampai 2012,
penelitian ini berusaha menganalisis struktur pasar industri tersebut, serta
menganalisis apakah persaingan akan mempengaruhi kegiatan inovasi perusahaan
dan apakah inovasi akan berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan.
Struktur persaingan dilihat dari persentase market share dan lags market share
dari masing-masing perusahaan. Biaya untuk inovasi, diperoleh dari penjumlahan
Beban Research and Development, Aktiva dalam Penyelesaian (peralatan dan
mesin), dan Peningkatan Aset Tetap Peralatan dan Mesin dalam laporan keuangan
perusahaan. Kinerja perusahaan dilihat dari laba bersih sebelum pajak masingmasing
perusahaan.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa struktur pasar industri plastik adalah
persaingan monopolistik. Pengujian hipothesis pertama kurang sesuai dengan
teori Structure Conduct Performance (SCP) karena struktur kompetisi yang
dilihat dari market share tidak berpengaruh terhadap biaya inovasi. Sedangkan
pada hipotesis dua, inovasi perusahaan berpengaruh terhadap laba bersih]