UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh cognitive behaviour therapy dan cognitive behavioural social skills training terhadap gejala klien halusinasi dan isolasi sosial di rumah sakit = Influence of cognitive behaviour therapy and cognitive behavioural social skills training for hallucinations and social isolation symptoms in hospital

Sukma Ayu Candra Kirana; ; Mustikasari, supervisor; Ice Yulia Wardani, examiner; Evin Novianti, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Halusinasi dan isolasi sosial sering muncul secara bersamaan. Dampak dari halusinasi yang tidak ditangani adalah perilaku mencederai diri sendiri, dan lingkungan, sedangkan isolasi sosial yang tidak ditangani dapat memicu gejala positif dan berkontribusi pada kekambuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengaruh Cognitive Behaviour Therapy dan Cognitive Behavioural Social Skills Training pada gejala klien. Desain quasi eksperimental digunakan dengan jumlah sampel 56 responden. Hasil penelitian menemukan penurunan gejala kognitif, afektif dan perilaku lebih besar pada klien yang mendapatkan terapi daripada mereka yang tidak mendapatkan. Terapi ini direkomendasikan pada klien halusinasi dan isolasi sosial.

Hallucination and social isolation often occur simultaneously. Impact of dishandled hallucinations is injuring self and environment, while dishandled social isolation will trigger negative sign to possitive sign and contribute in client recurrence. The goal of this study was identify the influences of therapy for client symptomps. Quasi-experimental designs used with sample of 56 respondents. The study found a decrease symptoms of hallucination and social isolation who have CBT and CBSST than the clients that did not receiving therapy. Cognitive, affective, attitude of symptomps hallucination and social isolation have increased significantly. It is recommended for clients with hallucinations and social isolation.

 File Digital: 1

Shelf
 T44728-Sukma Ayu Candra Kirana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T44728
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 301 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44728 15-17-635019938 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20415640
Cover