UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perbaikan metode kerja pada tahap desain proyek gardu listrik di Indonesia = Working method improvement on design stage electrical substation project in Indonesia

Devid Perdana; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor; Inaki Maulida Hakim, supervisor; Erlinda Muslim, examiner; Amalia Suzianti, examiner; Maya Arlini Puspasari, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Dalam suatu proyek dibutuhkan sumber daya yang kompeten dan berkualitas dan dimanfaatkan dengan benar untuk tercapainya keberhasilan suatu proyek. Dalam menyelesaikan suatu proyek gardu listrik pada tahap eksekusi desain diperlukan sumber daya yang berkompeten, waktu yang efisien dan biaya yang optimal sehingga tercapai target penyelesaian proyek dengan biaya yang optimal serta yang sesuai dengan ekspetasi dari customer.
Salah satu masalah yang timbul selama tahap desain adalah waktu penyelesaian drawing yang lama yang disebabkan karena meningkatnya total beban kerja (loading total) selama pembuatan gambar pada proses desain. Hal itu menunjukkan bahwa adanya metode kerja yang tidak baik karena adanya aktivitas yang duplikasi, tidak efisien dan aktivitas yang dikerjakan tidak parallel sehingga menyebabkan waktu penyelesaian drawing yang lama. Oleh karena itu, diperlukan suatu perbaikan metode kerja pada tahap desain.
Metode analisa menggunakan peta aliran proses dan VSM (Value Stream Mapping) dapat digunakan untuk memperbaiki sistem kerja dalam pembuatan gambar pada tahap desain sehingga dapat mengurangi waktu penyelesaian drawing yang lama. Metode tersebut kemudian diuji untuk mendapatkan variable set up time yang paling berpengaruh terhadap total waktu beban kerja (loading total time).

In a project resource needs qualified and competent and properly utilized to achieve the success of a project. In completing an electrical substation at the project execution stage of the design required a competent resource, time-efficient and cost optimal in order to reach the target project completion with optimum cost and in accordance with the expectations of the customers.
One of the problems that arise during the design phase is drawing a long turnaround time due to the increase in total workload (loading in total) during the making of image in the design process. It shows that the existence of a working methods which is not good because of the duplication of activities, inefficient and activities that do not parallel causing long turnaround time drawing. Therefore, we need a working system improvement at the design stage.
Method of process flow maps and VSM (Value Stream Mapping) can be used to improve the work method in the graphic at the design stage so as to reduce the completion time drawing a long. Those method is then tested to get a variable set up time that most influence on the total time workload (total loading time).

 File Digital: 1

Shelf
 T43679-Devid Perdana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T43679
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxi, 141 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T43679 15-17-277072293 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20415807
Cover