UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Cultural cooperation between Indonesia and Iran: challenges and opportunities

([, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia], 2013)

 Abstrak

[Hubungan antara Indonesia dan Iran telah terjadi berabad-abad lamanya. Namun, hubungan tersebut masih dalam aspek terbatas karena beberapa kendala. Orientasi agama yang berbeda antara Indonesia dan Iran merupakan salah satu kendala yang telah memberikan andil dalam mempengaruhi kualitas kerjasama. Selain itu, kurangnya informasi tentang kedua negara juga memperlebar kesenjangan pemahaman antara kedua negara. Tantangan ini kebanyakan tentang persepsi yang ada di kedua negara besar itu. Oleh karena itu, kerja sama antara Indonesia dan Iran dapat diperkuat dengan melakukan terobosan-terobosan dengan fokus pada mencari kesamaan budaya bukan pada perbedaan yang kontras dari dua orientasi agama yang berbeda itu (Sunni Dan Syiah). Dalam tahap ini, diplomasi kebudayaan dan kerjasama menjadi pilihan yang lebih menjanjikan untuk dikembangkan. Melalui kerjasama budaya kedua negara dapat meningkatkan pemahaman antara mereka dan mempromosikan sikap saling menghormati. Beberapa aspek kerjasama budaya yang dapat dikembangkan antara lain dialog peradaban, pertukaran pelajar dan program dosen serta pembambangunan pusat-pusat kebudayaan. Sebenarnya, peluang untuk mengembangkan kerjasama yang kuat antara kedua negara ini jauh lebih besar daripada tantangan dan hambatan itu sendiri.
, The relationship between Indonesia and Iran has been established for many centuries. However, the relationship is still in limited aspects because of some obstacles. The different religious orietatation between Indonesia and Iran is one of obstacles that has contributed to influence the quality of cooperation. In addition, the lack of information about the two country also has widened the gap between two countries. This challege is mostly about the perception that exist in both great nations. Therefore, cooperation between Indonesia and Iran has to provide a breakthrough by focussing on cultural similarities rather than contrasting two different religious orientations (Sunni dan Shiite). In this stage, cultural diplomacy and cooperation become more promising options to be developed. Through cultural cooperation both country can improve the understanding between them and promote mutual respect. Some aspects of cultural cooperations that can be developed such as promoting a dialog of civilization, exchange student and lecturer programs and establishing cultural centers. In fact, the opportunities to develop a strong cooperation between the two countries are much more available rather than the challenges and obstacles.
]

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Yon Machmudi-cultural cooperation.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20418287
Cover