UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Korelasi antara pelayanan berpusat pasien dengan kepuasan pasien di klinik dokter keluarga FKUI = Correlation between patient centered care and patient satisfaction in FKUI family physician clinic

([, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2015)

 Abstrak

[Pelayanan Berpusat-Pasien penting diterapkan dalam praktik kedokteran sehari-hari sehingga diharapkan tercapai kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari hubungan antara pelayanan berpusat-pasien dengan kepuasan pasien di Klinik Dokter Keluarga FKUI. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pelayanan berpusat-pasien dan kuesioner kepuasan pasien kepada 96 pasien di KDK (Klinik Dokter Keluarga) Kayu Putih dan Kiara. Penelitian ini dadalah pertama kalinya untuk KDK Kayu Putih dan Kiara. Studi potong lintang ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelayanan berpusat-pasien adalah 3.21 (skala 1 sampai 4), sedangkan skor rata-rata kepuasan pasien 3.98 (skala 1-5). Analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi sedang positif bermakna antara penerapan pelayanan berpusat-pasien di KDK dengan kepuasan pasien (r = 0.383, p <0,001). Kesimpulannya, pelaksanaan pelayanan berpusat-pasien di KDK Kayu Putih dan Kiara berkontribusi untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap klinik, The implementation of patient-centered care is essential in order to achieve patient satisfaction. This study was conducted to learn the correlation between patient centered care and patient satisfaction in FKUI’s family physician clinic by handing out patient-centered and patient satisfaction questionnaires to 96 patients in KDK (Klinik Dokter Keluarga) Kayu Putih and Kiara. This study is the first one that analyze the relationship between patient-centered care and patient satisfaction in both of these KDK. This cross sectional study showed that average score of patient-centered care is 3.21 (scale of 1 to 4), while average score of patient satisfaction is 3.98 (scale of 1 to 5). Correlation analysis showed that there is a positive, moderate, and significant correlation between implementation of patient centered care in KDK and patient satisfaction (r = 0.383, p < 0.001). In conclusion, the implementation of patient-centered care in KDK Kayu Putih and Kiara contributes to increase in patient satisfaction towards clinic]

 File Digital: 1

Shelf
 S-Mahatmasara Adhiwasa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : []
Tipe Media : []
Tipe Carrier : []
Deskripsi Fisik : x, 42 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20421348
Cover