UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pentingnya warna di rumah sakit umum dalam penyembuhan kondisi psikologis dan fisiologis manusia = The importance of color in general hospitals in healing human s psychological and physiological condition

Talitha Amanda Hakim; Triatno Judohardjoko, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

ABSTRACT
The focus of this study is on the importance in applying color psychology in general hospitals to support the healing methods of human psychological and physiological condition. The purpose of this study is to understand how colors have direct impacts on human beings and also to find the appropriate colors to apply into spaces in health care facilities according to the tasks being carried out in each space. Understanding this will encourage the development of better healing environmental designs for future hospitals and other health care facilities by applying the appropriate colors, since most hospitals and other health care facilities, especially in Indonesia, have not applied the color psychology principles in their architectural spaces. Two case studies of general hospitals that are recently built are analyzed and compared. The first hospital is Siloam Hospitals Simatupang in South Jakarta, Indonesia, and the other one is Middle Tennessee Medical Center in Tennessee, United States of America, where both are very different in terms of the colors applied inside the facilities. It has been proved that the general hospital in Jakarta have not applied the appropriate color psychology into its architectural spaces, while the Middle Tennessee Medical Center in the United States of America has successfully achieved the new approach of health care facility, which is more welcoming, soothing and provides human warmth, by applying the appropriate colors inside the facility and still giving variations but within reasons.

ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada pentingnya penerapan psikologi warna di rumah sakit umum untuk mendukung metode penyembuhan kondisi psikologis dan fisiologis manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana warna mempunyai dampak langsung terhadap manusia dan juga untuk menemukan warna yang sesuai untuk diterapkan ke dalam ruangan-ruangan di fasilitas kesehatan yang bergantung pada kegiatan yang terjadi di dalamnya. Memahami hal-hal tersebut akan mendorong pengembangan desain lingkungan penyembuhan yang lebih baik untuk rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di masa depan dengan menerapkan warna yang tepat, karena sebagian besar rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, terutama di Indonesia, belum menerapkan prinsipprinsip psikologi warna dalam ruang arsitektur mereka. Dua studi kasus rumah sakit umum yang termasuk baru dalam pembangunannya telah dianalisa dan dibandingkan. Rumah sakit umum pertama adalah Siloam Hospitals Simatupang di Jakarta Selatan, Indonesia, dan yang kedua adalah Middle Tennessee Medical Center di Tennessee, Amerika Serikat, dimana keduanya sangat berbeda dalam warna yang diterapkan di dalam fasilitasnya. Telah terbukti bahwa rumah sakit umum di Jakarta belum menerapkan psikologi warna yang tepat dalam ruang arsitekturnya, sementara Middle Tennessee Medical Center di Amerika Serikat sudah berhasil mencapai pendekatan baru untuk fasilitas kesehatan, yaitu lebih menyambut, menenangkan, dan menghangatkan, dengan menerapkan warna yang tepat serta memberikan variasi namum tetap dengan alasan.

 File Digital: 1

Shelf
 S62489-Talitha Amanda Hakim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S62489
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 55 pages ; illustration : 30 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62489 14-17-296945097 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20421782
Cover