UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa dan perancangan perangkat lunak uji kelayakan mekanikal elektrikal bangunan gedung di DKI Jakarta = Inspection software for building mechanical and electrical system in Jakarta design and analysis

Irfan Syahdi Rizki; Nasruddin; Muhammad Idrus Alhamid, examiner; Nandy Setiadi Djaya Putra, examiner; Yulianto Sulistyo Nugroho, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

Gedung bertingkat telah menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat di DKI Jakarta. Setiap hari masyarakat yang berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta menghabiskan berjam-jam untuk melakukan berbagai aktifitas di dalam suatu bangunan gedung bertingkat sehingga kelayakan suatu bangunan gedung dalam hal keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kemudahan sangat penting untuk diperhatikan. Namun masih banyak gedung yang belum memenuhi syarat kelaikan fungsi bangunan dan telah mengakibatkan banyak kerugian baik finansial hingga korban jiwa. Untuk mencegah timbulnya lebih banyak kerugian dan menjamin bahwa seluruh bangunan gedung bertingkat di DKI Jakarta benar-benar laik fungsi, maka dibutuhkan evaluasi terhadap persyaratan dan prosedur untuk mendapatkan SLF (Sertifikat Laik Fungsi) dan perangkat yang dapat memudahkan untuk menilai bahwa suatu gedung telah laik fungsi atau belum, yang dalam hal ini penulis fokuskan pada bidang sistem dan peralatan mekanikal elektrikal gedung. Bangunan gedung yang dibahas pada skripsi ini adalah bangunan gedung bertingkat lebih dari 8 lantai yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Pada skripsi ini penulis membuat sebuah perangkat lunak (software) yang dapat mengevaluasi hasil pengujian peralatan mekanikal elektrikal gedung. Perangkat lunak ini dibuat dari hasil evaluasi dan perbaikan prosedur SLF yang sudah ada, sehingga perangkat ini diharapkan dapat mempermudah dan menjamin kelaikan sebuah bangunan gedung.

Buildings have become places for the citizens of Jakarta to spend their time. Everyday people from Jakarta and people from outside Jakarta spend hours to do various activities inside buildings. That makes the reliability of a building in terms of safety, security, comfort, and ease is very important. However, there are still many buildings that haven?t met the requirements for occupation permit especially for the mechanical & electrical equipment and those have resulted so many negative impacts from financial losses to death victims. In order to prevent more losses and ensure that every building in Jakarta meets the requirements to achieve occupation permit, it is necessary to evaluate all of the existing requirements and inspection procedures for mechanical & electrical system and provide a new tool to evaluate every aspect of mechanical & electrical systems in a building. Buildings that are studied here are non-residential public buildings with 8 floors or more. In this study, the author creates a software that can provide standard inspection procedures for mechanical & electrical equipment in the building and evaluate all of the equipment test result and decide whether a building deserves to achieve an occupation permit or not.

 File Digital: 1

Shelf
 S62470-Irfan Syahdi Rizki.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S62470
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 55 pages : illustration ; 24 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62470 14-17-059037983 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20422492
Cover