UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Amanat cerita dalam Serat Pustakaraja Madya: Prabu Gendrayana episode kesepuluh = Moral value of Serat Pustakaraja Madya: Prabu Gendrayana episode 10

Dite Hastini; Darmoko, supervisor; Nanny Sri Lestari, examiner; Novika Stri Wrihatni, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

Penelitian ini adalah hasil analisis struktur cerita dalam Serat Pustakaraja Madya: Prabu Gendrayana episode kesepuluh yang merupakan karya sastra Jawa bergenre prosa. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori yang dikemukakan oleh Culler (1977) yang dikutip dari Panuti Sudjiman (1988) yakni tentang unsur-unsur pembentuk teks prosa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis-deskripsi, yaitu dengan menganalisis objek penelitian berupa alur-pengaluran, tokoh-penokohan serta tema untuk mendeskripsikan amanat cerita yang ada dalam teks. Amanat yang didapat dari hasil analisis berupa konsep ?laku‟ yang merupakan wujud kearifan lokal Jawa yang ada dalam Wayang Madya.

This research is the result of the analysis of narrative structure in Serat Pustakaraja Madya: Prabu Gendrayana tenth episode which is Javanese literature genre prose. The theory used to analyze is the theory which put forwarded by Culler (1977), quoted from Panuti Sudjiman (1988) which is about the constituent elements of prose texts. The method is an analysis-description method, by analyzing the object of research in the form of plot, characterizations, and themes to describe the moral value of the story. Moral value obtained from the analysis of the concept 'laku' which is a form of Javanese local wisdom in shadow puppet of Madya.

 File Digital: 1

Shelf
 S62722-Dite Hastini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S62722
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 101 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62722 14-17-077065024 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20422578
Cover