UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis penerapan standar pengukuran nilai wajar dalam penyajian aset biologis pada perusahaan perkebunan kelapa sawit = An analysis of application of fair value measurement standard in presentation of biological assets in a palm oil company

Fajar Sri Wahyuni; Wondabio, Ludovicus Sensi, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini membahas penerapan standar pengukuran nilai wajar dalam penyajian aset tanaman kelapa sawit dalam laporan keuangan perusahaan. Tanaman kelapa sawit termasuk dalam kategori aset biologis yang harus disajikan dalam nilai wajar sesuai dengan IAS 41 yang saat ini belum diadopsi di Indonesia. Perusahaan menggunakan IAS 41 karena terdaftar di pasar modal Singapura. Dengan berlakunya PSAK 68 yang merupakan adopsi IFRS 13, tesis ini akan membuktikan cara pengukuran nilai wajar yang dilakukan oleh perusahaan telah sesuai dengan kerangka yang ditetapkan dalam PSAK dimaksud. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik penilaian yang digunakan telah sesuai dengan ketentuan dalam PSAK 68, namun demikian masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian pada saat penyajian dan pengungkapan dalam laporan keuangan.

ABSTRACT
This study discusses the analysis on the application of the Indonesian fair value measurement standard in measuring and presenting palm trees in a company's financial statements. Palm trees are categorised as biological assets which, according to IA 41, have to be presented in the financial statements at their fair value. The company applies IAS 41, a standard that has not been adopted by Indonesia, because it is listed in Singapore Exchange. The study aims to provide evidence whether the company has applied the properly PSAK 68, The Indonesian Fair Value Measurement Standard adopted from IFRS 13, in measuring its biological assets. Using qualitative descriptive methodology, the study shows that the valuation technique used by company is an appropriate application of PSAK 68. There are, however, some improper presentations and disclosures of the assets in the financial statements.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Fajar Sri Wahyuni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 89 pages : illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-032453575 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20422674
Cover