UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Desa dan hutan gunung dan lautan sebuah kajian antropologi tentang pola keruangan pada masyarakat Huaulu di Pulau Seram = Village and forest mountain and sea an anthropological study of spatial pattern in Huaulu society at Seram Island

Muhammad Rifqi; Tony Rudyansjah, supervisor; Irwan Martua Hidayana, examiner; Dian Sulistiawati Syamsir, examiner; Johannes Emmed Madjid Prijoharjono, examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Masyarakat Huaulu tinggal di daerah Seram Utara, Maluku. Hingga sekarang mereka masih menjalankan sebagian dari praktik-praktik kebudayaan tradisional mereka. Salah satunya adalah budaya membangun yang terejawantahkan dalam bentuk rumah tradisional Huaulu serta tata ruang desa mereka. Memanfaatkan pemikiran Henri Lefebvre tentang produksi ruang sebagai kerangka teoretis dalam menganalisis budaya membangun tersebut, tesis ini berusaha menyusun penjelasan emik yang memadai dan komprehensif tentang pola keruangan yang diproduksi di Huaulu. Penelitian lapangannya dilakukan dengan etnografi. Temuan utamanya berupa pola keruangan yang diorganisasi berdasarkan kategori luar-dalam, bawah-atas, dan disertai vektor yang sifatnya sentripetal. Pola keruangan yang demikian juga mengejawantahkan konsepsi Huaulu mengenai diri dan relasi antara yang natural dengan yang kultural.
Pada aras teoretis, tesis ini mengkritisi pendekatan strukturalis dalam antropologi yang menganalisis konsepsi ruang suatu masyarakat dengan mengimplikasikan pemisahan antara ruang mental dan ruang fisikal. Di dalam disiplin antropologi, tesis ini berargumen, kecenderungan tersebut menjadi kendala dalam upaya memperoleh pemahaman emik tentang konsepsi ruang pada masyarakat tradisional, karena selalu dibayang-bayangi oleh bias teoretis yang bersumber dari dualisme Cartesian. Dengan mengelaborasi kerangka teoretis yang disediakan oleh pemikiran Lefebvre, tesis ini menawarkan alternatif untuk mengkaji ruang secara antropologis guna mendapatkan penjelasan yang emik dan konseptualisasi ruang yang padu.

Huaulu Society lives in North Seram, Moluccas. Nowadays they still do some of their traditional cultural practices. One of them is Huaulu`s building culture which is manifested in their traditional house and spatial organization of their village. This thesis uses Henri Lefebvre`s thought on production of space as theoretical framework. With this framework, this thesis analyses Huaulu`s building culture to develop an adequate and comprehensive emic account about spatial pattern that is produced in Huaulu. Its research was done with ethnography. Its main finding is the spatial pattern organized in accordance with some categories: outside-inside, below-above, and complemented by centripetal vector. This spatial pattern also manifests Huaulu`s conception of self and relation between nature and culture.
At theoretical level, this thesis criticizes structuralist approach in anthropology that analyses traditional society`s conception of space by implicating separation of mental space and physical space. This thesis argues that, in anthropology, structuralist tendency obstructs anthropologist`s effort to gain emic understanding about research subject`s conception of space. It is because of theoretical bias that is rooted deep in Cartesian dualism. This thesis elaborates theoretical framework provided by Lefebvre to offer an alternative to study space anthropolo.

 File Digital: 1

Shelf
 T45083-Muhammad Rifqi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T45083
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 168 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T45083 15-17-572212130 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20422939
Cover