UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Aspek keberlanjutan reyog bulkiyo kajian pewarisan dan fungsi = Aspects of reyog bulkiyo sustanaibility study of inheritance and function

Imam Muhtarom; Tommy Christomy, supervisor; Yoesoef ,examiner; Pudentia Maria Purenti Sri Suniarti Karnadi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Reyog Bulkiyo di Desa Kemloko, Kecaman Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, masih bertahan hingga hari ini di tengah merosotnya undangan pentas komunitasnya dan banyaknya hiburan yang ada. Ada dua aspek yang membuat Reyog Bulkiyo berlanjut, pertama, adanya pewarisan dan kedua, adanya fungsi, khususnya fungsi hiburan. Pewarisan dalam Reyog Bulkiyo didukung adanya unsur kekerabatan antar-anggota Reyog Bulkiyo. Kekerabatan di dalam kelompok Reyog Bulkiyo memunculkan pelbagai perilaku yang menopang pewarisan sehingga prosesnya bekerja dengan baik. Sedangkan fungsi berkaitan dengan adanya kebermaknaan Reyog Bulkiyo pada komunitasnya. Fungsi Reyog Bulkiyo ini meliputi yang ritual dan yang pertunjukan. Dalam kaitannya dengan aspek keberlanjutan, pewarisan dan fungsi ini berkontribusi pada kebertahanan Reyog Bulkiyo sehingga masih ada pada masa kini.

Reyog Bulkiyo in Kemloko Village, Nglegok, Blitar, East Java, still survive this day in the midst of declining the invitation stage entertainment community and the many that exist. There are two aspects that make Reyog Bulkiyo continues, first, the inheritance, and second, their function, particularly the function of entertainment. Inheritance in Reyog Bulkiyo supported the element of kinship between members Reyog Bulkiyo. Kinship in Reyog Bulkiyo group raises various behaviors that support inheritance so that the process works well. While the function related to the meaningfulness Reyog Bulkiyo in the community. Reyog Bulkiyo function includes the rituals and performances. In relation to sustainability, inheritance and function contribute to the survival Reyog Bulkiyo that still exist today.

 File Digital: 1

Shelf
 T44774-Imam Muhtarom.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T44774
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 114 pages. : illustration. ; 28 cm. + appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44774 15-18-629329985 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20423554
Cover