ABSTRAKKrisis dalam sebuah organisasi selalu dapat terjadi dan dalam kasus yang buruk dapat mengancam survavibilitas suatu perusahaan dalam beroperasi Komunikasi dijadikan garis depan dalam penanganan krisis dalam bentuk krisis komunikasi sehingga komunikasi sebuah perusahaan memegang peran yang signifikan Kemampuan komunikasi krisis yang baik diperlukan dalam semua bentuk organisasi termasuk perusahaan dalam industri transportasi apalagi yang memiliki moda operasi baru Fenomena tersebut yang marak terjadi di Indonesia belakangan ini adalah munculnya perusahaan ojek berbasis aplikasi Dalam komunikasi krisisnya karena merupakan perusahaan yang memiliki moda baru perusahaan ojek aplikasi kekurangan referensi dalam menghadapi krisisnya Dalam artikel ini akan dibahas komunikasi krisis beberapa perusahaan ojek aplikasi yang dimulai dengan mendeskripsikan komunikasi krisis dan perusahaan ojek aplikasi hingga menganalisa strategi komunikasi krisis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
ABSTRACTCrisis in an organization could happens all the time and in worst case scenario could threaten the organization survavibility to operate Communication acts as the front line on handling crisis in the form of crisis communication in other word communication holds a significant role Good communication skill is needed in any kind of firm including transportation industry especially that rsquo s using a new operating mode Such phenomenon that rsquo s recently growing in Indonesia is application based ojek Application based ojek as a new transportation mode is lacking in references on dealing with its crisis Crisis communication of application based ojek rsquo s firm will be discussed in this article by describing crisis communication and application based ojek and then analyze the crisis communication used by the responding firm