UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Peniruan dan pembayangan dari kasus korupsi dalam ?Orang yang Selalu Cuci Tangan?(2013) Karya Seno Gumira Ajidarma: sebuah kajian pendekatan mimetik = Imitation and imagination of corruption cases in ?Orang yang Selalu Cuci Tangan? (2013) by Seno Gumira Ajidarma: a study of mimetic approach

Ratu Milagita Satria Putri; Rasjid Sartini, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Cerita pendek adalah jenis karya sastra yang menyajikan konflik dengan singkat dan jelas. Berbagai judul cerpen telah ditulis oleh para sastrawan Indonesia. Salah satu cerpen yang menarik adalah ?Orang yang Selalu Cuci Tangan?, diterbitkan oleh Kompas, 19 Mei 2013, karya Seno Gumira Ajidarma. Makalah ini mendeskripsikan analisis kritik sastra dalam cerpen tersebut melalui pendekatan mimetik. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif untuk melihat keterkaitan antara isi cerita dengan kasus yang terjadi sebelum dan sesudah cerpen tersebut diterbitkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen karya Seno itu merupakan hasil peniruan dan pembayangan dari peristiwa di kehidupan nyata, yaitu tindak korupsi yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Short story is a kind of literature that presents a conflict clearly. Various titles have been written by some Indonesia?s writer. One of some great story is ?Orang yang Selalu Cuci Tangan? by Seno Gumira Ajidarma, published by Kompas, on May 19th 2013. This article describes the analysis of literature criticism with mimetic approach. In this research, I use qualitative methods to see the connection between the story and some cases that happened before 2013, and also after 2013. The result of this research shows us that Seno?s short story is based on imitation and imagination of some corruption cases by people without responsibility.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ratu Milagita Satria Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : lib ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : v, 16 page : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-43026487 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424089
Cover